Pendampingan Penulisan dan Publikasi Artikel PTK Berbantuan AI dalam Rangka Percepatan Jenjang Karir Guru SMP

https://doi.org/10.25299/ceej.v6i2.19883

Authors

  • Zetriuslita Zetriuslita Universias Islam Riau
  • Suripah Suripah Universitas Islam Riau
  • Nofriyandi Nofriyandi Universitas Islam Riau
  • Ana Yulianti Universitas Islam Riau
  • Sri Indrastuti Universitas Islam Riau

Keywords:

PTK, AI, Jenjang Karier Guru

Abstract

Jenjang karir bagi seorang guru merupakan hal yang harus menjadi perhatian. Sebagian besar guru masih memiliki jenjang karir rendah. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan jenjang karir guru melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menulis artikel berbantuan Artificial Intelengence (AI) untuk diterbitkan di jurnal nasional terakreditasi.  Untuk itu dilakukan  pendampingan penulisan dan publikasi artikel PTK berbantuan AI dalam rangka percepatan jenjang karir guru. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi secara tatap muka dan pendampingan untuk penggunanan AI untuk pembuatan artikelnya. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 4 Siak Hulu Kampar  secara umum terlaksana dengan sukses dan lancar. Sebagian besar guru sudah bisa mengoperasikan penggunaan AI nya dalam menulis artikel. Para peserta sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan, bertanya langsung mengenai pelaksanaan PTK di dalam kelas, bagaimana menggunakan AI dan menulis artikel PTK dan mempublikasikannya. Peserta yang hadir sebanyak 42 orang. Berdasarkan hasil lembar angket, 92.23% guru tertarik dengan materi yang disampaikan. Guru-guru merasa termotivasi untuk melaksanakan PTK di kelasnya dan membuat artikel untuk dipublikasikan. Mitra juga sangat puas dengan  adanya kegiatan workshop ini dan minta untuk diadakan lagi kegiatan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arly, A., Dwi, N., & Andini, R. (2023). Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A. Prosiding Seminar Nasional, 362–374.

Dihamri, Haimah, & Srifitriani, A. (2018a). Pelatihan penelitian tindakan kelas (ptk) bagi guru sd negeri di kecamatan sukaraja kabupaten seluma. 60–66.

Dihamri, Haimah, & Srifitriani, A. (2018b). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Sd Negeri di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2(1), 60–66. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Kusumawati, R. (2018). Kecerdasan Buatan Manusia (Artificial Intelligence); Teknologi Impian Masa Depan. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 9(2), 257–274. https://doi.org/10.18860/ua.v9i2.6218

Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, M., & Parijas, P. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Min 1 Pasaman Barat. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 76. https://doi.org/10.24269/adi.v4i2.2106

Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2015). Peran Artificial Intelengence (AI) Untukmendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Critical Care Medicine, 43(1), 267. https://doi.org/10.1097/01.ccm.0000474893.34162.5c

Wiganda, S. (2014). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Se-Jakarta Timur. Sarwahita, 11(1), 1. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.01

Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022

Zetriuslita, Sthephani, A., & Febliza, A. (2023). Workshop Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Jenjang Karir Bagi Guru SMPN 5. Community Development Journal, 4(1), 58–61. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.9584

Published

2025-04-28

How to Cite

Zetriuslita, Z., Suripah, S., Nofriyandi, N., Yulianti, A., & Indrastuti, S. (2025). Pendampingan Penulisan dan Publikasi Artikel PTK Berbantuan AI dalam Rangka Percepatan Jenjang Karir Guru SMP. Community Education Engagement Journal, 6(2), 1–13. https://doi.org/10.25299/ceej.v6i2.19883

Issue

Section

Articles
Received 2024-11-29
Accepted 2025-03-16
Published 2025-04-28

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.