Pendampingan Penulisan dan Publikasi Artikel PTK Berbantuan AI dalam Rangka Percepatan Jenjang Karir Guru SMP
Keywords:
PTK, AI, Jenjang Karier GuruAbstract
Jenjang karir bagi seorang guru merupakan hal yang harus menjadi perhatian. Sebagian besar guru masih memiliki jenjang karir rendah. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan jenjang karir guru melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menulis artikel berbantuan Artificial Intelengence (AI) untuk diterbitkan di jurnal nasional terakreditasi. Untuk itu dilakukan pendampingan penulisan dan publikasi artikel PTK berbantuan AI dalam rangka percepatan jenjang karir guru. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi secara tatap muka dan pendampingan untuk penggunanan AI untuk pembuatan artikelnya. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 4 Siak Hulu Kampar secara umum terlaksana dengan sukses dan lancar. Sebagian besar guru sudah bisa mengoperasikan penggunaan AI nya dalam menulis artikel. Para peserta sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan, bertanya langsung mengenai pelaksanaan PTK di dalam kelas, bagaimana menggunakan AI dan menulis artikel PTK dan mempublikasikannya. Peserta yang hadir sebanyak 42 orang. Berdasarkan hasil lembar angket, 92.23% guru tertarik dengan materi yang disampaikan. Guru-guru merasa termotivasi untuk melaksanakan PTK di kelasnya dan membuat artikel untuk dipublikasikan. Mitra juga sangat puas dengan adanya kegiatan workshop ini dan minta untuk diadakan lagi kegiatan tersebut.
Downloads
References
Arly, A., Dwi, N., & Andini, R. (2023). Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A. Prosiding Seminar Nasional, 362–374.
Dihamri, Haimah, & Srifitriani, A. (2018a). Pelatihan penelitian tindakan kelas (ptk) bagi guru sd negeri di kecamatan sukaraja kabupaten seluma. 60–66.
Dihamri, Haimah, & Srifitriani, A. (2018b). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Sd Negeri di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2(1), 60–66. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb
Kusumawati, R. (2018). Kecerdasan Buatan Manusia (Artificial Intelligence); Teknologi Impian Masa Depan. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 9(2), 257–274. https://doi.org/10.18860/ua.v9i2.6218
Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, M., & Parijas, P. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Min 1 Pasaman Barat. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 76. https://doi.org/10.24269/adi.v4i2.2106
Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2015). Peran Artificial Intelengence (AI) Untukmendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Critical Care Medicine, 43(1), 267. https://doi.org/10.1097/01.ccm.0000474893.34162.5c
Wiganda, S. (2014). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Se-Jakarta Timur. Sarwahita, 11(1), 1. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.01
Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022
Zetriuslita, Sthephani, A., & Febliza, A. (2023). Workshop Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Jenjang Karir Bagi Guru SMPN 5. Community Development Journal, 4(1), 58–61. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.9584
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Zetriuslita Zetriuslita, Suripah Suripah, Ana Yulianti, Sri Indrastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted 2025-03-16
Published 2025-04-28