Analisis Permasalahan Guru Dalam Menghasilkan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas

(Studi Kasus pada Pelatihan Guru-guru SMAN 1 Mandau Duri Bengkalis)

https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.7967

Authors

  • zetriuslita zetriuslita Universitas Islam Riau
  • Rezi Ariawan Universitas Islam Riau

Keywords:

Studi kasus, Karya Tulis Ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas, Pelatihan

Abstract

Profesionalitas guru di era 4.0 ini mau tidak mau harus ditingkatkan. Hasil survey Tim PKPSM (Pusat Kajian Pendidikan Sains dan Matematika) IKIP Mataram, diperoleh informasi bahwa kemampuan guru dalam penguasaan materi ajar tergolong baik, tetapi hal ini tidak sejalan dengan kemampuan guru dalam melakukan inovasi pembelajaran, yang salah satunya dapat dilakukan dengan penelitian tindakan kelas. Pelatihan ini bertujuan menganalisis permasalahan guru dalam menghasilkan karya tulis ilmiah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek pelatihan adalah guru-guru SMAN 1 Mandau Duri Bengkalis yang berjumlah 32 orang, Instrumen penelitian adalah lembar wawancara online dengan menggunakan aplikasi google form yang berisi pertanyaan seputar permasalahan dalam penulisan karya ilmiah PTK. Teknik analisis data dengan menganalisis hasil pengisian wawancara online secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami guru dalam penulisan proposal PTK, pelaksanaan PTK dan penulisan karya ilmiah PTK, adalah a). Sebagian besar guru belum memahami PTK itu sendiri, kurang membaca referensi tentang PTK; b).  Pada umumnya guru belum memahami dalam mengembangkan isi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian;  c). Sebagian besar guru kesulitan dalam mengembangkan teori/kajian pustaka sesuai dengan permasalahan yang ada ; d). Guru belum paham dalam memilih metode penelitian yang sesuai dengan PTK; e). Pada umumnya guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan hasil penelitian dan pembahasan; f). pada umumnya guru kesulitan dalam menulis karya tulis PTK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hunaepi, H., Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., & Asy’ari, M. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Di Mts. Nw Mertaknao. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38–40.
Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39–46.
Prihatni, R., Sumiati, A., & Sariwulan, T. (2019). Pelatihan penelitian tindakan kelas untuk guru-guru yayasan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 112–123.
Ramhat, M. (2004). Penelitian Tindakan Kelas.
Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, M., & Parijas, P. (2020). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MIN 1 PASAMAN BARAT. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 76–82.
Satyarini, M. D., Widiastudi, E. H., & Suharso, Y. (2015). Pengembangan Model Pelatihan Publikasi Ilmiah Berbasis Permeneg Pan Dan Rb No. 16 Tahun 2009 Pada Guru Ips Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional.
Wiganda, S. (2014). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU SE-JAKARTA TIMUR. Sarwahita, 11(1), 1–7.
Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Rugayah, R. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas) Bagi Guru – Guru SD. Community Education Engagement Journal, 1(2), 73–82. https://doi.org/10.25299/ceej.v1i2.4774

Published

2021-12-20

How to Cite

zetriuslita, zetriuslita, & Ariawan, R. (2021). Analisis Permasalahan Guru Dalam Menghasilkan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas: (Studi Kasus pada Pelatihan Guru-guru SMAN 1 Mandau Duri Bengkalis). Community Education Engagement Journal, 3(1), 17–29. https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.7967

Issue

Section

Articles