Peningkatan Kemampuan Desain Media Pembelajaran Matematika Berbasis Education For Sustainable Development Guru

https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6682

Authors

  • Nofriyandi Nofriyandi Universitas Islam Riau
  • Dedek Andrian Universitas Islam Riau
  • Leo Adhar Effendi Universitas Islam Riau
  • Firdaus Firdaus
  • Rezi Ariawan
  • Rahma Qudsi
  • Reni Wahyuni
  • Aulia Sthephani
  • Mefa Indriani

Keywords:

Media, Pembelajaran, Matematika

Abstract

Pelaksanaan pengabdian ini dilatarbelakangi banyaknya pertanyaan guru-guru baik di Negeri maupun di Swasta yaitu yang menginginkan pendalaman pengetahuan terkait desain media pembelajaran Matematika selama masa pandemi Covid-19 yang menghasilkan Peserta didik saat ini dituntut untuk bisa berkontribusi secara luas tentang lingkungan global dan mengerti akan pengembangan sistem pendidikan berkepanjangan atau konstan dimasa sekarang dan masa akan datang. Pendidikan pembangunan konstan mengharuskan masing – masing siswa menguasai pengetahuan, keterampilan, etika dan tingkat pembentukan konstan dimasa akan datang.   Berdasarkan inilah pengabdian perlu dilakukan dengan tujuan memotivasi guru-guru  dalam  menciptakan  media  pembelajaran  matematika  agar selalu siap menghasilkan peserta didik yang selalu siap mengisi pembangunan yang berkelanjutan sekarang dan masa depan serta mampu menjawab pertanyaan tentang “Bagaimana matematika dapat berkontribusi dalam mewujudkan kehidupan yang berkelanjutan”. Hasil pengabdian ini adalah termotivasinya guru-guru dalam mendesain media pembelajaran matematika dengan tujuan mengarahkan peserta didik dengan kawasan yang benar adalah jalan keluar agar dapat menghidupkan karakter di aspek ekonomi, sosial dan budaya serta lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Ronald. (1987). Pemilihan dan Pengembangan media untuk Pembelajaran. Jakarta: CV. Rajawali
Angkowo R. dan A. Kosasih. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT.Grasindo
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dewan Riset Nasional (DRN). (2003). Tantangan dan peluang lingkungan dalam pembangunan yang berkelanjutan. Jakarta: DRN.
Falah. Iwan, Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Dalam Jurnal LingkarWidyaiswara Edisi 1. No. 4:104-117
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2016). Education for Sustainable Development. Retrieved from http://kniu.kemdikbud.go.id.
McKeown, P. G. (2008). Information Technology and The Networked Economy.Pennsylvania: Course Technology
Sadiman, Arief. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Unesco. (2017). Texbooks for Sustainable Development. New Delhi: UNESCO & MGIEP
Warsita, Bambang. (2008)Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya, Jakarta: Rineka.

Published

2021-04-30

How to Cite

Nofriyandi, N., Dedek Andrian, Leo Adhar Effendi, Firdaus, F., Rezi Ariawan, Rahma Qudsi, … Mefa Indriani. (2021). Peningkatan Kemampuan Desain Media Pembelajaran Matematika Berbasis Education For Sustainable Development Guru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 21–26. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6682

Issue

Section

Articles
Received 2021-04-11
Accepted 2021-04-27
Published 2021-04-30