Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas) Bagi Guru – Guru SD

https://doi.org/10.25299/ceej.v1i2.4774

Authors

  • zetriuslita zetriuslita Universitas Islam Riau
  • Rezi Ariawan Universitas Islam Riau
  • Ruqaiyah Ruqaiyah

Keywords:

Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas, Guru Sekolah Dasar

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru – guru tentang PTK dan meningkat kemampuan guru – guru dalam penulisan laporan PTK. Pengbadian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2020 di gugus 1 (SD Negeri 6) Tanjung Samak Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti. Jumlah peserta pengabdian adalah sebanyak 20 orang yang terdiri dari guru – guru yang tergabung ke dalam SD yang terdapat di gugus 1. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah metode ceramah dan metode demontrasi. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan materi pengabdian dan metode demontrasi digunakan untuk menyajikan draf proposal yang telah dirancang. Instrumen pengabdian yang digunakan adalah slide presentasi materi dan draf proposal PTK yang disajikan dengan bantuan laptop dan LCD. Hasil pengabdian secara keseluruhan dapat dinyatakan cukup baik. Hal ini terlihat dari ketercapaian target yang telah ditentukan, diantaranya yaitu: (1) target jumlah peserta pengabdian yaitu 100%; (2) target tujuan pelatihan yaitu 5%; (3) target materi yang telah direncanakan yaitu 90%; (4) target kemampuan peserta dalam penguasan materi yaitu 20%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Doyan, Susilawati, M. Zuhdi dan H. Sahidu. (2019). Training and Assitance Classroom Action research (CAR) for Teacher MA Manbaul Bayan Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, Vol. 1 (1): 1-3.
Danner Sagala1*, Supriyono2, Dodo Sutardi3, Prihanan. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat (ABDIHAS), vOL. 1, No. 1: 1-8, Juni 2019.
M Koesmawan, Elliya Sestri, Isnan Hari Mardika. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas pada Guru di Lingkungan Muhammadiyah Boarding School Ki Bagus Hadikusumo. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4, No. 2, Hal. 135 – 140, September 2019. E – ISSN: 2654 – 4835, P – ISSN: 2502 – 6828.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
Ridwan Abdul Sani, Sondang R Manurung, Hary Suswanto dan Sudiran. (2018). Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tira Smart.
Rochiati Wiriaatmadja. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas (Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen). Bandung: Rosda Karya.
Sri Hapsari Wijayanti dan Yohanna Dhian Ariani. (2017). Penulisan Karya Ilmiah Guru Sekolah Dasar Pasca Pelatihan. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, Vol. 3 No. 2 Oktober 2017.
Satutik Rahayu, Ahmad Harjono, Muh. Makhrus, Sutrio, Ni Nyoman Sri Putu Verawati.(2018). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru – Guru MIN KarangBaru Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No. 1 Februari 2018. P – ISSN. 2614 – 7947.
Suharsimi Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Suandi, I Nengah. 2008. “Gerakan Menulis Karya Ilmiah (Sebuah Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha 41: 510—321.
Sukardi. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suprapto. 2010. “Problematika Penulisan Ilmiah Guru SMA Negeri I Curup Rejang Lebong Bengkulu.” Jurnal Ilmiah Bisa. Edisi 2 Juli.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nonor 16 Tahun 2009, tanggal 10 November 2009, tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Wijayanti, Sri Hapsari, Yohanna Dhian Ariani, Maria Triwarmiyati. 2016. “Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cisauk melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas.” Kaji Tindak No. Vol. 1: 54—62.
Wina Sanjaya. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Goup.

Published

2020-04-29

How to Cite

zetriuslita, zetriuslita, Ariawan, R. ., & Ruqaiyah, R. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas) Bagi Guru – Guru SD . Community Education Engagement Journal, 1(2), 73–82. https://doi.org/10.25299/ceej.v1i2.4774

Issue

Section

Articles
Received 2020-04-03
Accepted 2020-04-21
Published 2020-04-29

Most read articles by the same author(s)