Penilaian Creativity: Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru SDN 006 Langgini dalam Mengases Creativity Siswa

  • Nurkhairo Hidayati Universitas Islam Riau
  • Tengku Idris Universitas Islam Riau
  • Nurul Fauziah Universitas Islam Riau
  • Sepita Ferazona Universitas Islam Riau
  • Restesa Rahmayumita Universitas Islam Riau
Keywords: Creativity, Penilaian, Guru

Abstract

Creativity yang dimiliki siswa dapat berkembang dengan optimal ketika guru mampu mengajarkannya dengan baik di sekolah. SDN 006 Langgini merupakan salah satu sekolah di Kecamatan Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar dengan jumlah rombongan belajar mencapai 18 kelas. Bentuk evaluasi yang dilakukan selama ini terhadap siswa didominasi oleh pemberian tes berupa soal. Oleh karena itu, dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya agar guru-guru mengetahui arti penting creativity, kemudian menyusun rubrik dan tes creativity. Metode yang di lakukan pada kegiatan ini adalah observasi, presentasi dan diskusi. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa/09 Maret 2021 di SDN 006 Langgini dengan jumlah guru yang hadir sebanyak 30 orang. Guru-guru ini terdiri dari guru mata pelajaran dan guru kelas. Berdasarkan hasil kegiatan tersebut dapat diketahui bahwa guru telah melaksanakan evaluasi dengan baik termasuk melakukan penilaian proses dan produk. Guru juga memahami arti penting menilai creativity siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengabdian kepada masayarakat ini memberikan kontribusi untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penilaian creativity siswa SDN 006 Langgini Kecamatan Bangkinang Kota.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brand, G., Hendy, L., & Harrison, R. (2015). Mining the Gap! Fostering Creativity And Innovative Thinking. Procedia Technology, 20 (July), 79–84
Burkšaitienė, N., Šliogerienė, J., & Valūnaitė-oleškevičienė, G. (2017). Factors Influencing Lecturer Creativity While Using Social Media. Pedagogika, 125(1), 21–36.
Csikszentmihalyi, M. (2012). Commentary: Reflections on Some Dangers to Childhood Creativity. LEARNing Landscapes, 6(1), 19–25.
Fasko, D. (2001). Education and creativity. Creativity research journal, 13(3-4), 317-327.
Fong, L. L., Sidhu, G. K., & Fook, C. Y. (2014). Exploring 21st Century Skills among Postgraduates in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123,130–138.
Kuo, H.-C., Burnard, P., McLellan, R., Cheng, Y., & Wu, J. (2017). The Development of Indicators for Creativity Education and a Questionnaire to Evaluate its Delivery and Practice. Thinking Skills and Creativity, 24, 186–198.
Muñoz-Doyague, M. F., González-Álvarez, N., & Nieto, M. (2008). An examination of individual factors and employees' creativity: The case of Spain. Creativity Research Journal, 20(1), 21-33.
Nayak, A. (2008). Experiencing creativity in organisations: A practice approach. Long Range Planning, 41(4), 420-439.
Ongardwanich, N., Kanjanawasee, S., & Tuipae, C. (2015). Development of 21 st Century Skill Scales as Perceived by Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 737–741.
Pheeraphan, N. (2013). Enhancement of the 21 st Century Skills for Thai Higher Education by Integration of ICT in Classroom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 365–373.
Piirto, J. (2011). Creativity for 21 century skills: How to embed creativity into the curriculum. Rotterdam: Sense Publishers.
Reid, A., & Petocz, P. (2004). Learning Domains and the Process of Creativity. The Australian Educational Researcher, 31(2), 45–62.
Robinson, K. (2009). The Element: How finding your passion changes everything. New York: Viking Penguin.
Romero, M., Hyvönen, P., & Barberà, E. (2012). Creativity in Collaborative Learning across the Life Span, 3(4), 422–429.
Runco, M. A. (2008). Commentary: Divergent thinking is not synonymous with creativity.Shalley, Christina E., Jing Zhou, and Greg R. Oldham. 2004. "The effects of personal and contextual characteristics on creativity: Where should we go from here?" Journal of management 30.6 (2004): 933-958.
Published
2021-04-30
Section
Articles
Abstract viewed = 52 times
Download PDF downloaded = 40 times