Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru

https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561

Authors

  • Sari Herlina Pendidikan Matematika
  • Zetriuslita Universitas Islam Riau
  • Suripah Suripah Universitas Islam Riau
  • Endang Istikomah Universitas Islam Riau
  • Fitriana Yolanda Universitas Islam Riau
  • Sri Rezeki Universitas Islam Riau
  • Sindi Amelia Universitas Islam Riau
  • Indah Widiati Universitas Islam Riau

Keywords:

LKPD, Pendidikan Karakter

Abstract

Bagi seorang guru, menciptakan pendidikan karakter pada pembelajaran matematika adalah hal yang esensial. Sehingga, perludiadakan kegiatan kegiatan akademik seperti bimbingan teknis bagi guru-guru SMP/MTS dalam mendesain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang Terintegrasi Nilai-nilai Karakter Positif pada Pembelajaran. Kegiatan ilmiah ini dikemas dalam pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dari aplikasi Zoom dan melalui YouTube Pendidikan Matematika FKIP UIR pada hari Kamis, 3 Desember 2020. Metode dalam pengabdian ini yaitu penyampaian materi tentang cara mendesain LKPD, tanya jawab dan diskusi. Dalam hal ini pemateri membahas hal utama yang harus diperhatikan sebelum membuat LKPD yaitu tujuan dari pendidikan itu sendiri yang memuat muatan karakter didalam mendesain LKPD tersebut. Dengan kegiatan pengabdian ini maka guru-guru dapat mendesain dan membuat LKPD yang dikaitkan dengan pendidikan karakter positif yang diharapkan dapat tertanam dalam diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamzah, S. H. (2012). Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif Psikomotorik. Dinamika Ilmu, 12(1), 1–12.
Harlen, W., & Elstgeest, J. (1993). UNESCO sourcebook for science in the primary school. Unesco.
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. Sipatahoenan, 4(1).
Lickona, T. (1992). Education for character: How our schools can teach and responbility. Batam Books.
Mulyana, R. (2004). Mengartikulasi pendidikan nilai. Alfabeta.
Nugraha, A. E. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Revised Taxonomy Blooms (RBT) dalam Pembelajaran. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 23–37.
Penyusun, T. (2010). Pendidikan Karakter Dalam Pembangunan Bangsa. PPs UNy.

Published

2021-04-30

How to Cite

Herlina, S., Zetriuslita, Suripah, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., … Widiati, I. (2021). Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561

Issue

Section

Articles