Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru
Keywords:
LKPD, Pendidikan KarakterAbstract
Bagi seorang guru, menciptakan pendidikan karakter pada pembelajaran matematika adalah hal yang esensial. Sehingga, perludiadakan kegiatan kegiatan akademik seperti bimbingan teknis bagi guru-guru SMP/MTS dalam mendesain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang Terintegrasi Nilai-nilai Karakter Positif pada Pembelajaran. Kegiatan ilmiah ini dikemas dalam pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dari aplikasi Zoom dan melalui YouTube Pendidikan Matematika FKIP UIR pada hari Kamis, 3 Desember 2020. Metode dalam pengabdian ini yaitu penyampaian materi tentang cara mendesain LKPD, tanya jawab dan diskusi. Dalam hal ini pemateri membahas hal utama yang harus diperhatikan sebelum membuat LKPD yaitu tujuan dari pendidikan itu sendiri yang memuat muatan karakter didalam mendesain LKPD tersebut. Dengan kegiatan pengabdian ini maka guru-guru dapat mendesain dan membuat LKPD yang dikaitkan dengan pendidikan karakter positif yang diharapkan dapat tertanam dalam diri siswa.
Downloads
References
Harlen, W., & Elstgeest, J. (1993). UNESCO sourcebook for science in the primary school. Unesco.
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. Sipatahoenan, 4(1).
Lickona, T. (1992). Education for character: How our schools can teach and responbility. Batam Books.
Mulyana, R. (2004). Mengartikulasi pendidikan nilai. Alfabeta.
Nugraha, A. E. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai di Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Revised Taxonomy Blooms (RBT) dalam Pembelajaran. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 23–37.
Penyusun, T. (2010). Pendidikan Karakter Dalam Pembangunan Bangsa. PPs UNy.
Published
How to Cite
Issue
Section
Accepted 2021-04-24
Published 2021-04-30