Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Android untuk Guru SMAN 1 Rangsang Barat

https://doi.org/10.25299/ceej.v5i1.14434

Authors

  • Nofriyandi Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Arbi Haza Nasution Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Dedek Andrian Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Siti Nurhalimah Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Febri Loska Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Salman Saragih Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

Media pembelajaran digital, Android, Inshot

Abstract

Guru merupakan salah satu sumber daya manusia yang menjadi target peningkatan kemampuan berkualitas dan berdaya saing. Meningkatkannya kemampuan guru diharapkan meningkat pula hasil belajar peserta didik sesuai dengan harapan presiden melalui kementrian pendidikan.  Salah satu masalah guru di Rangsang Barat yaitu masih rendahnya kemampuan penggunaan media pembelajaran digital Tidak adanya waktu untuk mengikuti pelatihan atau workshop terkait pemanfaatan media pembelajaran digital juga berdampak kepada pengetahuan guru dalam proses pengajaran di kelas. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pendampingan terkait pembuatan media pembelajaran digital berbasis android yaitu aplikasi inSHot. Dengan diberikan pelatihan ini diharapkan guru dapat mengaplikasikan media pembelajaran digital dalam pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan tatap muka di SMA Negeri 1 Rangsang Barat yang diikuti sebanyak 17 guru. Adapun target dari kegiatan ini adalah a) guru memperoleh pengetahuan tentang media pembelajaran digital berbasis android yaitu inShot dan b) guru mampu menggunakan media pembelajaran digital berbasis android yang telah dibuat. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

De Freitas, S., & Griffiths, M. (2008). The convergence of gaming practices with other media forms: What potential for learning? A review of the literature. Learning, Media and Technology, 33(1), 11-20. https://doi.org/10.1080/17439880701868796

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Jakarta. Kemendikbud.

Kustandi & Stjipto. (2013). Media Pembelajaran & Digital Edisi Kedua. Bogor. Ghalia Indonesia.

Nofriyandi, A.D., et al. 2021. Community Education Engagement Journal Peningkatan Kemampuan Desain Media Pembelajaran Matematika Berbasis Education for Sustainable Development Guru. Community Education Engagement Journal, Vol.2 No.2 Hal.21-26. Url: http://journal.uir.ac.id/index.php/ecej

Wirasasmita, Rasyid hardi, Y.K.P. (2015). Pengembangan Media Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi. Jurnal Educatio. Vol. 1 No. 2 Hal. 35-43 https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edumatic/article/view/944/612

OECD. (2019). Assessment and Analitycal Framework PISA. Paris: OECD Publishing. https://www.oecd.org/education/pisa-2018-assessment-and-analytical-framework-b25efab8-en.htm

Published

2023-10-29

How to Cite

Nofriyandi, Nasution, A. H., Andrian, D., Nurhalimah, S., Loska, F., & Saragih, S. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Android untuk Guru SMAN 1 Rangsang Barat. Community Education Engagement Journal, 5(1), 42–51. https://doi.org/10.25299/ceej.v5i1.14434

Issue

Section

Articles
Received 2023-09-25
Accepted 2023-10-06
Published 2023-10-29