Ipteks bagi Masyarakat: Guru SMP/MTs Mahir Menganalisis Data Menggunakan Program SPSS

Ipteks bagi Masyarakat: Guru SMP/MTs Mahir Menganalisis Data Menggunakan Program SPSS

https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.6752

Authors

  • Suripah Suripah Universitas Islam Riau
  • Agus Dahlia Universitas Islam Riau
  • Leo Adhar Effendi Universitas Islam Riau
  • Rezi Ariawan Universitas Islam Riau
  • Putri Dwi Setia Ningsih Universitas Islam Riau

Keywords:

analisis data, ICT, program SPSS

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya guru yang mengalami kesulitan dalam menggunakan program atau software dalam pembelajaran maupun untuk pengembangan professional diri. Padahal sebagai guru pada saat ini dituntut untuk mampu menguasai teknologi sebagai salah satu bentuk penguasaan kompetensi professional. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan memberikan pendampingan kepada para guru SMP/MTs hususnya di SMP Nurul Falah Kulim dalam memahami dan menggunakan program SPSS untuk mendukung pembelajaran dan analisis data penelitian. Dengan diberikannya workshop dan pelatihan ini, diharapkan para guru dapat mengaplikasikan hasil dari kegiatan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran di sekolah dan pengembangan diri. Kegaiatan PKM ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting yang diikuti oleh 56 peserta yang berasal dari sekolah Mitra dan luar. Adapun target dari kegiatan ini adalah: (1)Guru menguasai pemahaman terkait ICT, khususnya beberapa software yang dapat digunakan secara gratis dari internet untuk membantu proses pembelajaran dan analisis data, (2) Guru mampu menganalisis data dengan menggunakan software yang telah ada berupa aplikasi program SPSS., dan (3) menghasilkan produk berupa deskripsi contoh analisis data sampel sebagai bahan acuan untuk latihan mandiri dalam menganalisi data penelitian yang sesungguhnya. Adapun luaran darikegiatan ini adalah publikasi artikel dalam bentuk jurnal ilmiah nasional terakreditasi.

Kata Kunci : analisis data, ICT, program SPSS

The implementation of this activity is motivated by the fact that there are still many teachers who have difficulty to using programs or software in learning and for personal professional development. Even though as a teacher at this time they are required to be able to be master technology as a form of mastering professional competence. Therefore, this community activity aims to provide socialization and assistance to SMP / MTs teachers especially at Nurul Falah Kulim Middle School in understanding and using the SPSS program to support learning and analysis of research data. By providing these workshops and trainings, it is hoped that teachers can apply the results of activities to improve the quality and quality of learning in schools and personal development. This PKM activity was carried out online through the Zoom Meeting application which was attended by 56 participants from partner schools and outside. The objectives of this activity are: (1) Teachers master ICT-related understanding, in particular some software that can be used for free from the internet to help the learning process and data analysis, (2) Teachers are able to analyze data using existing software in the form of the SPSS program application, and (3) produce a product in the form of a description of an example of data analysis as a reference for independent training in analyzing actual research data. The output of this activity is the publication of articles in the form of accredited national scientific journals.

Keyword : analysis data, ICT, SPSS program

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agus Dahlia, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika FKIP UIR

Leo Adhar Effendi, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika FKIP UIR

Rezi Ariawan, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika FKIP UIR

Putri Dwi Setia Ningsih, Universitas Islam Riau

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika

References

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Heinich, R. (1996). Instructional Media and Technology for Learning. Prentice Hall, Inc.
Komputer, W. (2013). Mengolah Data Statistik Penelitian dengan SPSS 18. Elex Media Komputindo.
Kunandar. (2014). Peniaian Autentik Suatu Pendekatan Praktis (Edisi Revi). Rajawali Press. www.rajagrafindo.co.id
Matthew J . Koehler, Punya Mishra, and W. C. (2013). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK )? Michigan State University. Journal of Education, 193(3), 13–19.
Nani, K. L., & Kusumah, Y. S. (2015). The Effectiveness Ofict-Assisted Project-Based Learning In Enhancing Students’ Statistical Communication Ability. International Journal of Education and Research, 3(8), 187–196.
Riyanto, S., & Nugrahanti, F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 62. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1590
Sirvent, R., & Talisse, R. (2010). Democracy and Moral Conflict. Philosophy in Review, 30(6), 445–448.
Yaya S. Kusumah. (2011). Aplikasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Matematis Siswa. Disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Matematika dengan tema “Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi” di Program Stud.

Published

2021-12-20

How to Cite

Suripah, S., Dahlia, A., Adhar Effendi, L., Ariawan, R., & Dwi Setia Ningsih, P. . (2021). Ipteks bagi Masyarakat: Guru SMP/MTs Mahir Menganalisis Data Menggunakan Program SPSS: Ipteks bagi Masyarakat: Guru SMP/MTs Mahir Menganalisis Data Menggunakan Program SPSS. Community Education Engagement Journal, 3(1), 69–77. https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.6752

Issue

Section

Articles
Received 2021-04-23
Accepted 2021-11-01
Published 2021-12-20

Most read articles by the same author(s)