Model Model Pembelajaran Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 (Pelatihan Untuk Guru-Guru SMP Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar)

https://doi.org/10.25299/ceej.v2i1.5981

Authors

  • zetriuslita zetriuslita Universitas Islam Riau
  • Alzaber Alzaber Universitas Islam Riau

Keywords:

Kurikulum 2013, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Penemuan, Model Pembelajaran Berbasis Proyek

Abstract

Guru dalam melaksanakan tugasnya berpedoman pada kurikulum yang sedang dipakai, dimana untuk saat ini yang berlaku adalah kurikulum 2013. Dalam kurikulum2013, diterapkan pendekatan saintifik (Scientific Approach) dan model-model pembelajaran yang menjadikan peserta didik sebagai pusat pembelajaran (student centered) yaitu model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), pembelajaran penemuan (Discovery learning) dan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Untuk memberi pengetahuan kepada guru-guru, dilakukan sosialisasi pendekatan saintifik dan ketiga model yang ada supaya dalam melaksanakannya di kelas tidak terdapat kesalahan dan juga bertujuan memberikan pengetahuan bagi guru untuk menerapkannya untuk materi-materi matematika. Pelatihan diberikan  kepada guru-guru SMP Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar Hasil yang diperoleh dari kegiatan sosialisasi ini, guru antusias merespon positif dan bermotivasi untuk membuat bahan ajar sesuai dengan model yang dipresentasikan dan diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang diberikan dan dapat membuat ajar berdasarkan pendekatan dan  model yang yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan. (2013). Discovery Learning. Kemdikbud

Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan. (2013). Problem Based Learning. Kemdikbud

Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan. (2013). Project Based Learning. Kemdikbud

Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan

Zetriuslita, Ariawan, R., &Nufus, H. (2016). Students’ critical thinking ability: Description based on academic level and gender. Journal of Education and Practice, 7(12), 154–164. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1099476.pdf
Zetriuslita, Z., Wahyudin, W., &Jarnawi, J. (2017). Mathematical critical thinking and curiosity attitude in problem based learning and cognitive conflict strategy: A study in number theory course. International Education Studies, 10(7), 65. https://doi.org/10.5539/ies.v10n7p65
Zetriuslita, Z., &Jarnawi, W. (2018). Mathematical communication ability and curiosity attitude through problem based learning and cognitive conflict strategy based on academic level: A study in number theory. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 4(2), 726–742. https://doi.org/10.20319/pijss.2018.42.726742

Published

2021-01-07

How to Cite

zetriuslita, zetriuslita, & Alzaber, A. (2021). Model Model Pembelajaran Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 (Pelatihan Untuk Guru-Guru SMP Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar). Community Education Engagement Journal, 2(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i1.5981

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)