Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran Aktif Bagi Guru SD se-Kecamatan Rangsang Kepulauan Meranti

https://doi.org/10.25299/ceej.v1i2.4818

Authors

Keywords:

Buku Ajar, Pembelajaran Aktif

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengakibatkan perubahan berbagai aspek kehidupan manusia dalam menyongsong era globalisasi yang semakin menantang. Untuk itu diperlukan keterampilan guru dalam melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan cara menyajikan materi pembelajaran dalam bahan ajar (LKPD) yang menarik. Hal ini sejalan dengan tuntutan dalam implementasi K13. Dalam membuat bahan ajar (LKPD), guru harus bias mengintegrasikan model-model pembelajaran yang diamanatkan dalam K13 yaitu model pembelajaran aktif. Kondisi dilapangan ditemukan bahwa sebagian besar guru belum mampu untuk membuat, merancang maupun mendesain sendiri bahan ajar (LKPD) sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Berdasarkan itulah, makanya pengabdian ini dilakukan untuk membantu memberikan transfer ilmu kepada guru bagaimana melakukan pengembangan bahan ajar (LKPD) berbasis pembelajaran aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, W,.Anwar, Y & Madang, K. 2016.Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Materi Sistem Sirkulasi pada manusia untuk Kelas XI SMA.Jurnal Pembelajaran Biologi Volume 3 Nomor 1.Hal.49-50. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/fpb/article/download/4956/pdf. Diakses pada tanggal 14 November 2018.
Ben Martz, Morgan Shepherd. (2005). Problem Based Learning and the Business School Environment. Proceeding of the 38th Hawaii International Conference on System Sciences.
Daryanto & Dwicahyono A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogykarta: Gaya Medika.

Fitriani., Hasan, M & .2016. Pengembagan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga.Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Volume 04 Nomor 02.Hal. 29.

Ghazali, R. Y. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausebel.Jurnal Pendidikan Matematika Volume 11 Nomor 2.Hal. 184.
Gwendie Camp. (1996). Problem Based Learning: A Paradigm Shift or a Passing Fad. Medical Education Online, University of Texas Medical Branch.
Loeloek Endah Poerwati & Sofan Amri. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Nila Hayati, Fahrurrozi. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Komunikasi Matematis . Jurnal Educatio. Vol. 10 No. 2, Desember 2015. Hal. 382-399.
Prastowo, A. (2014). Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Kencana.
Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Rajawali Pers.
Sofan Amri & Iif Khoiru Ahmadi. (2012). Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Wina Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Published

2020-04-29

How to Cite

Ruqaiyah, R., & Ariawan, R. . (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran Aktif Bagi Guru SD se-Kecamatan Rangsang Kepulauan Meranti. Community Education Engagement Journal, 1(2), 83–95. https://doi.org/10.25299/ceej.v1i2.4818

Issue

Section

Articles
Received 2020-04-13
Accepted 2020-04-21
Published 2020-04-29