Workhsop Pembelajaran Jarak Jauh Membangun Sekolah Kreatif Bagi Guru-guru SMA di Kabupaten Indra Giri Hilir
Keywords:
PJJ, Kratif, WorkhsopAbstract
Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya guru yang mengalami hambatan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh di masa Pandemi Covid-19. Padahal sebagaiman anjuran dan harapan Mendikbud, pembelajaran oleh guru harus tetap menjadi perhatian penuh. Mengedepankan pelayanan dan ekspektasi yang tinggi terhadap capaian hasil pembelajaran. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan mensosialisasikan dan memberikan pendampingan kepada para guru SMA khususnya di SMAN Kateman dalam mensosialisasikan pembelajran jarak jauh untuk membangun sekolah yang kreatif. Dengan diberikannya workshop dan pelatihan ini, diharapkan para guru dapat mengaplikasikan hasil dari kegiatan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran di sekolah dan pengembangan diri. Pelaksanaan kegaiatan PKM ini direncanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting yang diikuti oleh 58 peserta guru SMA yang berasal dari Kabupaten Indra Giri Hilir dan Sekolah Mitra SMA Kateman. Adapun target dari kegiatan ini adalah: (1) Guru mendapat tambahan wawasan dari hasil Workshop pembelajaran jarak jauh membangun sekolah kreatif; (2) Guru mampu memanfaatkan berbagai media pembelajaran dan apliksi yang dapat memudahkan dalam memahami materi pembelajaran untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh; (3) Produk dari hasil pengabdian berupa deskripsi dari hasil workshop Pembelajaran Jarak jauh membangun sekolah kreatif. Adapun luaran dari kegiatan ini adalah publikasi artikel ilmiah dalam bentuk jurnal ilmiah nasional
Downloads
References
Azizah, N. (2019). Upaya Guru Akhidah Akhlak dalam Pendidikan Karakter Peserta Dididk di MIN 8 Bandar Lampung Kec. Panjang Kota Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152–159.
Kemendikbud. (2020). Panduan: Pembelajaran Jarak Jauh – bersama hadapi korona. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 4. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/panduan-pembelajaran-jarak-jauh/
Misesani, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1640–1652.
Putri, V. D. (2021). Aplikasi Daring QUIZIZZ sebagai Solusi Pembelajaran Menyenangkan di Masa Pandemik Covid 19. LJSE: Linggau Journal Science Education, 1(2), 8–22.
Putri, V. W., & Suripah, S. (2021). Eksplorasi Hasil Penelitian yang Terintegrasi Teknologi Informasi dan komputer (TIK) dalam Pembelajaran Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 14(2), 208–222. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v14i2.11762
Simatupang, Y. M. (2020). Pengaruh Aksesibilitas Dan Teknologi Informasi Terhadap Aksi Kompetitif Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Daerah Universitas HKBPNommensen Dan Daerah Universitas Negeri Medan.
Sulistyani, A. M. (2015). Tingkat Kecerdasan pada Anak ditinjau dari Perbedaan Gender. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 10(2), 120–133.
Suripah, S., Dahlia, A., Effendi, L. A., Ariawan, R., & Ningsih, P. D. S. (2021). Ipteks bagi Masyarakat: Guru SMP/MTs Mahir Menganalisis Data Menggunakan Program SPSS. Community Education Engagement Journal, 3(01), 69–77. https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.6752
Suripah, S., Suyata, S., & Retnawati, H. (2021). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mathematics Pre-service Teachers in Developing Content Representations (CoRes). International Journal on Emerging Mathematics Education, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.12928/ijeme.v5i1.19954
Susanti, W. D., & Suripah, S. (2021). The Effectiveness of Website as a Mathematics Learning Media During the Online Learning Period. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 73–83. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i01.12225
Wahyono, H. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dalam penilaian hasil belajar pada generasi milenial di era revolusi industri 4.0. Proceeding of Biology Education, 3(1), 192–201.
Wathano, N. (2021). Internalisasi Nilai–Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah di SMKN 41 Jakarta. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(2), 47–77.
Published
How to Cite
Issue
Section
Accepted 2022-03-10
Published 2022-04-22