Pengenalan Software Bilog Untuk Evaluasi Pendidikan Bagi Guru-Guru SMA Plus Bina Bangsa Pekanbaru

https://doi.org/10.25299/ceej.v1i2.4689

Authors

  • Putri Wahyuni Universitas Islam Riau
  • Alzaber Alzaber
  • Sindi Amelia
  • Firdaus Firdaus

Keywords:

Software Bilog, Evaluasi

Abstract

Pelaksanaan pengabdian ini dilaterbelakangi oleh masih kurangnya pengetahuan guru-guru SMA negeri atau swasta mengenai evaluasi pendidikan. Evaluasi pendidikan salah satunya adalah butir tes. Teori butir tes dibagi menjadi dua, yaitu teori tes klasik dan teori butir tes modern. Teori tes klasik sudah lebih familiar dikenal oleh para kalangan guru. Teori tes klasik seperti validitas, reliabilitas, daya pembeda dan pengecoh dan tingkat kesukaran. Sementara teori tes modern masih belum banyak diketahui oleh guru-guru. Teori tes modern sudah mengikuti perkembangan yang ada yaitu sudah menggunakan bantuan komputer. Salah satu teori tes modern yaitu penggunaan software BILOG untuk evaluasi pendidikan. Software BILOG dapat memudahkan dan mempercepat guru dalam mengevaluasi dan menganalisis butir soal dengan menggunakan komputer. Berdasarkan hal inilah pengabdian ini ini perlu dilakukan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan pengenalan software BILOG kepada guru-guru. Pengaplikasian jangka panjang adalah kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru dan dosen, guru akan terbantu dengan dilaksanakannya pengabdian ini. Adapun pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di SMA Plus Bina Bangsa Pekanbaru.  Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta.  Dari kegiatan ini, peserta memperoleh ilmu baru mengenai teori tes modern dalam evaluasi yaitu software BILOG.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, R. (2017). Implementasi Item Response Theory Sebagai Basis Analisis Kualitas Butir Soal Dan Kemampuan Kimia Siswa Kota Yogyakarta. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 2(1), 1 -12.
Demars, C. (2010). Item Response Theory (IRT): Understanding statistics measurement. New York: Oxford University Press.
Hidayanto. (2013). Analisis Hasil Uji Kompetensi Pelajaran Bahasa Inggris dengan Model Logistik. Jurnal Kependidikan, 43(1), 61 – 68
Kolen, M. J., & Brennan, R. L. (1995). Test equating, scaling, and linking, 2nd edition. New York: Springer.
Ratni, Sri K L. (2013). Estimasi Kesalahan Pengukuran Soal Ujian Akhir Semester Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Thesis. Tidak dipublikasikan
Sumadi Suryabrata. (2005). Pengembangan alat ukur psikologis. Yogyakarta: Andi.
Zimoski, M.F., E. Muraki, R.J. Mislevy, & R.D. Bock. 2003. Bilog MG. Chicago: University of Chicago.

Published

2020-04-14

How to Cite

Wahyuni, P., Alzaber, A., Amelia, S., & Firdaus, F. (2020). Pengenalan Software Bilog Untuk Evaluasi Pendidikan Bagi Guru-Guru SMA Plus Bina Bangsa Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 1(2), 18–27. https://doi.org/10.25299/ceej.v1i2.4689

Issue

Section

Articles
Received 2020-03-01
Accepted 2020-04-08
Published 2020-04-14