Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Nasional Terakreditasi kepada Guru di SMAN 3 Tualang Kabupaten Siak

https://doi.org/10.25299/ceej.v4i1.10787

Authors

  • Nurul Fauziah Universitas Islam Riau
  • Oktariani Universitas Islam Riau
  • Rahmawati Universitas Islam Riau
  • Roizawati Universitas Islam Riau

Keywords:

Artikel Ilmiah, Jurnal Nasional Terakreditasi, Pelatihan

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu memberikan pelatihan penulisan artikel ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi kepada guru-guru di SMAN 3 Tualang Kabupaten Siak. Ditemukan permasalahan mitra sasaran yaitu masih sangat rendahnya publikasi artikel ilmiah guru-guru pada jurnal nasional terakreditasi, hal ini merupakan salah satu syarat utama untuk kenaikan pangkat. Guru-guru akan diberikan sebuah template dari artikel jurnal nasional terareditasi. Pemateri akan menguraikan satu persatu komponen yang ada pada template artikel jurnal nasional terareditasi tersebut. Pemateri juga akan mencontohkan bagaimana caranya membuat akun pada jurnal sasaran dan bagaimana langkah-langkah submit artikel pada suatu jurnal. Artikel yang sudah terbit bisa digunakan untuk mengurus kepangkatan dan administrasi lainnya. Guru-guru mulai memahami bagaimana cara menerbitkan artikel ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadiana, dkk. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Ilmiah bagi Guru-guru di Kabupaten Tuban. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Gunawan I, T Triwiyanto, D E Kusumaningrum. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi para Guru Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat Abdimas Pedagogi.

Hanum F. (2011). Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasan, M. Maáruf., dan Nur, Tira Fitria. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dari Skripsi dan Tesis untuk Mahasiswa serta Cara Publikasinya ke Jurnal Nasional. Jurnal ABDAYA: Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

Novitasari N F. 92019). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah: Menuju Guru Berkualitas. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat.

Usra M, Hartati, Destriani. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Atas. "Mengembangkan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Era Disrupsi" Kerjasama PGSD - POR UMS.

Widagdo A, Susilo. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-guru SD di Kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas.

Published

2022-10-27

How to Cite

Fauziah, N., Oktariani, Rahmawati, & Roizawati. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Nasional Terakreditasi kepada Guru di SMAN 3 Tualang Kabupaten Siak. Community Education Engagement Journal, 4(1), 84–91. https://doi.org/10.25299/ceej.v4i1.10787

Issue

Section

Articles