Pelatihan dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Berbasis Teks Fungsional Pendek Tentang Iklan pada Siswa SMKS Yapim Siak Hulu

https://doi.org/10.25299/ceej.v5i2.15337

Authors

  • Rugaiyah Rugaiyah Universitas Islam Riau
  • Syofianis Ismail Universitas Islam Riau
  • Johari Afrizal Universitas Islam Riau
  • Hermaliza Hermaliza Universitas Islam Riau

Keywords:

Activity, English, Functional Text, advertisement

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Berbasis Teks Fungsional Pendek Tentang Advertisement/Iklan pada Siswa SMKS Yapim Siak Hulu Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah dan tanya jawab. Pelaksaanaan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 05 October 2023, pukul 08.00-12.00 wib di SMKS YapimSiak Hulu. Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah 14 siswa dari kelas XI Akuntansi. Kegiatan pelatihan ini sanagat bermamfaaat bagi siswa SMKS Yapim untuk mnembah wawasan dalam memahami gaya bahasa atau stylistika yang digunakan dalam iklan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Dwi. (2019). “STUDENTS’ BASIC PROBLEMS IN LEARNING ENGLISH: MASTERING VOCABULARY AND GRAMMAR.” Vidya Karya 28 (1): 1–7. https://doi.org/10.20527/JVK.V28I1.980.

Antika, Lia Rindi. (2015). “Stylistic Analysis on Laptop Advertisements.” https://repository.uksw.edu//handle/123456789/10640.

Erwanto, Erwanto, Emilia Contessa, and Aryanti Agustina. (2022). “Analisis Makna Nyanyian Tradisi Diadi Dialek Daya Desa Gedung Wani Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.” Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 15 (2): 165–78. https://doi.org/10.30651/ST.V15I2.12763.

Melinda, Sherlya, Irfai Fathurohman, Ristiyani Analisis, Wacana Kritis, Podcast " Kita, Yang Bodoh, Atau Sekolah, and & Ristiyani. 2021. “ANALISIS WACANA KRITIS PADA PODCAST ‘KITA YANG BODOH ATAU SEKOLAH YANG BODOH.’” CaLLs: Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics 7 (2): 175–84. https://doi.org/10.30872/calls.v7i2.6183.

Mika, Mika Andika, and Nova Mardiana. (2023). “EDUKASI PENTINGNYA BAHASA INGGRIS DI ERA GLOBALISASI.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (1): 246–51. https://doi.org/10.31949/JB.V4I1.3961.

Putri, Natassa, and Rugaiyah Rugaiyah. (2021). “Exploring Trends in Teaching Stylistic Analysis: Syntactical Features in Selected British Fashion Magazine ‘Harper’s Bazaar.’” Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education 3 (1): 40–47. https://doi.org/10.31849/UTAMAX.V3I1.6103.

Rugaiyah, Rugaiyah. (2018). “Derivational and Inflectional Morphemes: A Morphological Analisis.” J-SHMIC : Journal of English for Academic 5 (2): 73–85. https://doi.org/10.25299/JSHMIC.2018.VOL5(2).1887.

Rugaiyah, Rugaiyah, and Syofianis Ismail. (2024). “Language Style Used in Advertisements for Harper’s Bazaar Magazine: A Literary Study.” J-SHMIC : Journal of English for Academic 11 (1): 36–50. https://doi.org/10.25299/JSHMIC.2024.VOL11(1).15398.

Siregar, sURYA sAGIRO. (2013). “THE IMPLEMENTATION OF A GENRE-BASED APPROACH: A CASE STUDY IN TEACHING A NARRATIVE TEXT TO SECOND GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS.” English Education : English Journal for Teaching and Learning 1 (2). https://doi.org/10.24952/EE.V1I2.21.

Sukiasih, Made. (2018). “MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI TEKS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING.” Journal of Education Action Research 2 (2): 106–14. https://doi.org/10.23887/JEAR.V2I2.14436.

Utami, Ayu Putri. (2020). “Kesulitan Belajar: Gangguan Psikologi Pada Siswa Dalam Menerima Pelajaran.” ScienceEdu 2 (2): 92–96. https://doi.org/10.19184/SE.V2I2.15060.

Yusniar, Rendy Langgeng Tri, Yant Mujiyanto, and Sri Hastuti. (2019). “ANALISIS STILISTIKA PADA LIRIK LAGU SHEILA ON 7 DALAM ALBUM MENENTUKAN ARAH SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP.” Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 6 (2): 158–66. https://doi.org/10.20961/BASASTRA.V6I2.37701.

Published

2024-04-30

How to Cite

Rugaiyah, R., Ismail, S., Afrizal, J., & Hermaliza, H. (2024). Pelatihan dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Berbasis Teks Fungsional Pendek Tentang Iklan pada Siswa SMKS Yapim Siak Hulu . Community Education Engagement Journal, 5(2), 22–35. https://doi.org/10.25299/ceej.v5i2.15337

Issue

Section

Articles
Received 2023-12-13
Accepted 2024-04-16
Published 2024-04-30