Pelatihan Dan Pendampingan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru Smp Negeri 4 Tapung Hilir

https://doi.org/10.25299/ceej.v2i1.6175

Authors

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam menulis karya ilmiah bagi guru SMPN 4 Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan SMPN 4 Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau dengan peserta adalah Guru SMPN 4 Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau yang berjumlah 13 orang. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat di SMPN 4 Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau ini antara lain: (1) Tahap Persiapan. Tahap persiapan yang dilakukan meliputi: Survey lokasi, Pemantapan dan penentuan lokasi dan sasaran, Penyusunan bahan/materi pengabdian, yang meliputi: konsep dasar jurnal ilmiah, akses jurnal ilmiah dan persoalan yang dihadapi dan solusi yang diberikan, (2) Tahap Pelaksanaan Pengabdian. Tahapan dalam pelaksanaan pengabdian dilakukan mempersiapkan antara lain: Penjelasan tentang jurnal ilmiah ber ISSN dan aksesnya. Sesi pelatihan fokus pada penulisan jurnal ilmiah yang dapat dimasukkan ke dalam jurnal ber ISSN. Luaran yang diharapakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: (1) Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru-guru dalam mempublikasikan karya tulis ilmiah, (2) Publikasi di Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmalaksana, W., & Suryana, Y. (2018). Korespondensi Dalam Publikasi Ilmiah. Jurnal Perspektif, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.15575/jp.v1i2.10
Hadiyati, Fatkhurahman, & Suroto, B. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. Dinamisia - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 122–128.
K, R., S, D. A., Prastikawati, E. F., & Setyorini, A. (2012). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Guru Bahasa Inggris SMA di Kota Semarang (Sebagai Pencapaian KEPMENPAN Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya). E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 39–45.
Nellitawati, & Aswardi. (2017). Efektivitas Pelatihan Metode Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SD di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.24036/4.112
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di Sma Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Journal Humanity, 10(1), 18.
Setiawan, M. A., & Trisnawati, A. (2018). Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru Smk Al-Inabah Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 18. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.558
Siregar, E. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(77), 173–186.
Warsono, W. (2017). Guru: Antara Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial. The Journal of Society & Media, 1(1), 1. https://doi.org/10.26740/jsm.v1n1.p1-10

Published

2021-01-07

How to Cite

Cendra, R., Gazali, N., Apriani, L., & Al Amin, A. . (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru Smp Negeri 4 Tapung Hilir. Community Education Engagement Journal, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i1.6175

Issue

Section

Articles