MATHEMATICS PROPS PROJECT (Pelatihan Peserta Didik dalam Menggunakan Media Pembelajaran Elektronik Geogebra dan Geometers Sketchpad)

https://doi.org/10.25299/ceej.v1i2.4778

Authors

Keywords:

media pembelajaran elektronik, geogebra, geometers sketchpad

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang cara bernalarnya deduktif formal dan abstrak, harus diberikan kepada anak-anak sejak Sekolah Dasar (SD) yang cara berpikirnya masih dalam tahap operasi konkrit, kita perlu berhati-hati dalam menanamkan konsep-konsep matematika tersebut. Begitu juga dengan siswa SMP, beberapa dari mereka juga masih dalam tahap operasi konkrit. Tidak sedikit guru matematika mengalami kesulitan ketika menjelaskan matematika ke siswa SMP sedemikian hingga siswa SMP mudah memahami materi yang diajarkan tanpa menggunakan alat peraga. Kebanyakan siswa SMP sulit  memahami materi matematika yang disampaikan oleh guru jika guru tersebut tidak menggunakan alat peraga. Hal serupa juga dialami oleh siswa-siswi MTs Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang. Siswa-siswi di MTs tersebut banyak yang mengalami kesulitan dalam memahami matematika. Salah satu cara Alternatif yang dapat digunakan untuk membuat siswa mudah memahami matematika adalah dengan menggunakan media pembelajaran baik media pembelajaran yang manual maupun yang elektronik. Di era industry 4.0, telah banyak sekali media pembelajaran elektronik yang berhubungan dengan matematika. Contohnya Geogebra, Geometre Sketpath, Wingeom, Winplot dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk membantu siswa MTs Al-Hikmah dalam memahami matematika maka penulis mencoba membantu memberikan solusi melalui pelatihan penggunaan media pembelajaran elektronik 2G2W (Geogebra, Geometre Sketpath, Wingeom, Winplot).  Kegiatan yang telah dilakukan Adalah pelatihan menggunakan software geogebra dan geometers sketchpad. Selanjutnya program PKM ini dilanjutkan dengan pelatihan menggunakan software wingeom dan winplot serta membuat artikel ilmiah yang akan diterbitkan pada jurnal ilmiah tak terakreditasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dikti (2012). Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat edisi IX . Dirjen Dikti Jakarta
Hudoyo, Herman, 1979, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Malang : JICA – Universitas Negeri Malang (UNM)..
Tim MKPBM, Jurusan Pendidikan Matematika, 2001, Strategi Pembelajaran Kontemporer, Bandung : JICA – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Published

2020-04-28

How to Cite

Maarif, S. ., & Nur Hartiningrum , E. S. . (2020). MATHEMATICS PROPS PROJECT (Pelatihan Peserta Didik dalam Menggunakan Media Pembelajaran Elektronik Geogebra dan Geometers Sketchpad). Community Education Engagement Journal, 1(2), 41–53. https://doi.org/10.25299/ceej.v1i2.4778

Issue

Section

Articles
Received 2020-04-04
Accepted 2020-04-21
Published 2020-04-28