Pelatihan Pembuatan Buku Elektronik (E-Book) dengan Aplikasi Flipbook Bagi Guru Sekolah Menengah

  • Putri Fitriasari
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang
  • Destiniar Destiniar
  • Misdalina Misdalina
  • Rohana Rohana
  • Tika Dwi Nopriyanti
Keywords: e-book, flipbook maker, pelatihan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan buku elektronik (e-book) dengan aplikasi Flipbook bagi guru sekolah menengah yang diadakan di SMK Negeri 2 Sekayu Sumatera Selatan. Melalui kegiatan ini diharapkan guru memiliki keterampilan untuk menyusun dan mengembangkan e-book yang dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar baik secara sinkron dan maupun tidak sinkron yang dapat diakses peserta didik kapanpun terutama pada saat pembelajaran daring untuk mendukung kegiatan belajar pada masa pendemi Covid-19. Pelatihan dilaksanakan selama 2 minggu dalam dua tahap pelaksanaan yaitu pelatihan dan pendampingan yang diikuti oleh 30 peserta. Adapun software yang digunakan sebagai aplikasi pembuatan e-book adalah flipbook maker melalui Flipbuilder dan Kvisoft Flipbook Maker. Dari hasil karya yang didapatkan menunjukkan bahwa peserta memiliki keterampilan dalam membuat dan  mendesain bahan ajar elektronik berupa e-book yang dapat digunakan secara online. Diharapkan kedepannya e-book ini dapat dikembangkan lebih baik lagi dan dicetak menjadi bahan ajar yang ber-ISSN.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwan, M. (2017). Pengembangan model blended learning menggunakan aplikasi Edmodo untuk mata pelajaran geografi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 65-76.
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.
Ambarita, J, Helwaun, H., & Van Houten, L. (2021). Workshop pembuatan e-book sebagai bahan ajar elektronik interaktif untuk guru Indonesia secara online di tengah covid 19. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 44-57.
Bastudin, B. (2020). Hambatan utama penggunaan TIK dalam pembelajaran dan strategi mengatasinya. Online. Diakses dari http://lpmpsumsel.kemdikbud.go.id/site/blog/category/2020/tulisan/bastudin/
Hala, Y., & Arifin, A. N. (2019, Januari). Pelatihan pembuatan e-book pada Guru IPA MGMP Kabupaten Gowa. Dalam Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2018, No. 8).
Hwang, G. J., Tu, N. T., & Wang, X. M. (2018). Creating interactive e-books through learning by design: The impacts of guided peer-feedback on students’ learning achievements and project outcomes in science courses. Journal of Educational Technology & Society, 21(1), 25-36.

Kalsum, U. (2017). Tantangan perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara menuju perpustakaan riset. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 11(2), 124-139.
Prastowo,A.(2015).PanduanKreatifMembuatBahanAjar Inovatif.DIVAPers.
Priwantoro, S. W., & Fahmi, S. (2019). Pelatihan peningkatan kemampuan IT bagi guru matematika menggunakan geogebra. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 203-209.
Fonda, A., & Sumargiyani, S. (2018). The developing math electronic module with scientific approach using kvisoft flipbook maker pro for xi grade of senior high school students. Infinity, 7(2), 109-122. doi:10.22460/infinity.v7i2.p109-122.
Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., Ariawan, I. P. W., Mahendra, I. W. E., & Sugiharni, G. A. D. (2019, February). The design of digital book content for assessment and evaluation courses by adopting superitem concept based on Kvisoft Flipbook Maker in era of industry 4.0. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1165, No. 1, p. 012020). IOP Publishing.
Setianingcahya, E. (2017). Transformasi media cetak ke dalam media online (studi deskriptif kualitatif majalah Destinasia di Bandung) (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN).
Suprihatiningsih, S., & Sudibyo, N. A. (2020). Pelatihan penggunaan e-book matematika berbasis terbimbing pada siswa smp daerah 3T (terluar, terdalam, terdepan). JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 366-371.
Published
2021-04-30
Section
Articles
Abstract viewed = 197 times
Download PDF downloaded = 156 times