PkM Peningkatan Keterampilan Guru dalam Menulis Karya Ilmiah di Arsyad Islamic School

https://doi.org/10.25299/ceej.v5i2.16042

Authors

  • Yelfira Sari Universitas Islam Riau
  • Nurkhairo Hidayati Universitas Islam Riau
  • Oktariani Universitas Islam Riau
  • Putri Nabila Universitas Islam Riau
  • Evi Pamayanti Universitas Islam Riau

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk meningkatkan motivasi guru dalam menulis sebuah karya tulis ilmiah. Melalui tulisan guru dapat membagikan pengalaman berharga terkait pengajaran seperti metode, teknik, serta media pembelajaran efektif yang dapat diterapkan di dalam kelas. Kegiatan PkM ini dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2023, dimana pesertanya adalah guru-guru yang berasal dari Arsyad Islamic School, kota Pekanbaru. Kegiatan dilakukan dengan cara penyampaian materi serta demonstrasi singkat terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam penulisan karya ilmiah. Pada pelaksanaan kegiatan PkM ini, tim juga menyebarkan angket terkait pengalaman menulis karya ilmiah yang dilakukan oleh guru-guru. Berdasarkan data yang diperoleh dari penyebaran angket, hanya sekitar 31% guru di sekolah tersebut yang pernah menulis karya ilmiah yang dipublish pada sebuah jurnal. Selebihnya, pengalaman menulis karya ilmiah guru masih terbatas pada skripsi/tesis dan makalah, dengan persentase masing-masing sebesar 100% dan 81%. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya jumlah tulisan ilmiah para guru yang diterbitkan di jurnal adalah karena guru kurang memahami langkah-langkah penulisan karya ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380

Haekal, M., Fatimah, I., Yudoyono, G., Subagyo, B. A., Pramono, Y. H., Hapsari, Y. D., & Suyatno, S. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru di SMA Abdul Wahid Hasyim Tebuireng. SEWAGATI, 6(1), 46–50. https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i1.136

Hasanah, S. U., & Sulha, S. (2022). Teacher Professional Development In Scientific Writing. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 7(1), 45. https://doi.org/10.26737/jetl.v7i1.2810

Indonesia. (2009). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi.

Rahman, A., Harahap, P., & Naldi, W. (2023). Motivasi Guru Menulis Karya Ilmiah; Faktor Penyebab dan Solusi (Studi Kasus Pada Guru Pai Di Sekolah Menengah Atas Negeri Rejang Lebong -Bengkulu). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01). https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3839

Subekti, H., Susilo, H., Ibrohim, I., Suwono, H., Martadi, M., & Purnomo, A. R. (2019). Challenges and Expectations towards Information Literacy Skills: Voices from Teachers’ Training of Scientific Writing. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(7), 99–114. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.7.7

Supriyanto, A. (2020). The Effect of Training Scientific Writing on The Improvement of Teachers’ Understanding in Articles: Proceedings of the 1 St International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020). 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020), Malang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.269

Widiana, I. W., Tristiantari, N. K. D., Rediani, N. N., Yudiana, K. E., & Sari, N. M. D. V. S. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 140–149. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.52117

Widiyono, S. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM. Dewan. Sem. Nas. Pendidik., 2(1), 1–11.

Published

2024-04-30

How to Cite

Sari, Y., Hidayati, N., Oktariani, Nabila, P., & Pamayanti, E. (2024). PkM Peningkatan Keterampilan Guru dalam Menulis Karya Ilmiah di Arsyad Islamic School. Community Education Engagement Journal, 5(2), 56–63. https://doi.org/10.25299/ceej.v5i2.16042

Issue

Section

Articles
Received 2024-01-19
Accepted 2024-03-30
Published 2024-04-30

Most read articles by the same author(s)