An Pengadaan Sumbangan dan Pelatihan Modul Bahasa Inggris Untuk Memamfaatkan Kegiatan Belajar Siswa Selama Wabah Covid 19 di Panti Asuhan YLBMI Desa Pandau Jaya Kabupaten Kampar

sumbangan dan Pelatihan

https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.6758

Authors

Keywords:

Panti Asuhan, Modul Bahasa Inggris

Abstract

ABSTRAK

SD 022 merupakan sekolah dasar yang berada di bawah naungan Panti Asuhan YLBMI berlokasi di jalan Amal no 17 Desa Pandau Jaya Kabupaten Kampar.  Siswa SD 022 mendapatkan pendidikan formal, materi pelajaran yang diajarkan di SD 022 ini juga berdasarkan kurikulum yang sudah ditetapkan oleh penmerintah. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah metode ceramah dan demontrasi. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan materi, sedangkan metode demonstrasi digunakan dengan mempersilahkan siswa memperaktekkan kosa kata yang telah diajarkan. Salah satu materi yang diajarkan di kelas 6 adalah bahasa Inggris yang menjadi target pengabdian Masyarakat oleh tim PKM FKIP UIR Prodi Bahasa Inggris. Pemberian buku modul bahasa Inggris serta pelatihan mengenal kosa kata bahas Inggris telah dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2021 yang diikuti oleh 13 siswa. Materi yang diberikan adalah tentang Part of Body, Fruit, Anaimal, Colour, dan Family member. Pelatihan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kosa kata yang digunakn sehari-hari serta untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pengucapan bahasa Inggris. Sealain itu, sebagai bekal bagi mereka yang akan melanjutkan pendidikan mereka di jenjang yang lebih tinggi. Pelaksanaan pengabdian berjalan dengan lancar dengan hasil yang cukup baik, hal ini ditandai dengan keberhasilan siswa dalam men yebutkan kosa kata yang telah diajarkan dengan baik dan benar.

 

Kata Kunci : Panti Asuhan, Modul Bahasa Inggris

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hall, R., Greenberg, D., Laures-Gore, J., & Pae, H. K. (2014). The relationship between expressive vocabulary knowledge and reading skills for adult struggling readers. Journal of Research in Reading, 37(S1), S87–S100. https://doi.org/10.1111/j.1467-9817.2012.01537.x
Santoso. (2009). Wijaya, Cece,.dkk. 1988. Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remadja Karya - Penelusuran Google. Retrieved April 20, 2021, from media abadi website: https://www.google.com/search?q=Wijaya%2C+Cece%2C.dkk.+1988.+Upaya+Pembaharuan+Dalam+Pendidikan+dan+Pengajaran.+Bandung%3A+Remadja+Karya&oq=Wijaya%2C+Cece%2C.dkk.+1988.+Upaya+Pembaharuan+Dalam+Pendidikan+dan+Pengajaran.+Bandung%3A+Remadja+Karya&aqs=chrome
Utomo, Tjipto. 1991. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. - Penelusuran Google. (n.d.). Retrieved April 20, 2021, from https://www.google.com/search?q=Utomo%2C+Tjipto.+1991.+Peningkatan+dan+Pengembangan+Pendidikan.+Jakarta%3A+Gramedia+Pustaka+Utama.&oq=Utomo%2C+Tjipto.+1991.+Peningkatan+dan+Pengembangan+Pendidikan.+Jakarta%3A+Gramedia+Pustaka+Utama.&aqs=chrome..69i57.2014j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8
Vembriarto, St. 1975. Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta. - Penelusuran Google. (n.d.). Retrieved April 20, 2021, from http

Published

2021-12-20

How to Cite

Rugaiyah, R. (2021). An Pengadaan Sumbangan dan Pelatihan Modul Bahasa Inggris Untuk Memamfaatkan Kegiatan Belajar Siswa Selama Wabah Covid 19 di Panti Asuhan YLBMI Desa Pandau Jaya Kabupaten Kampar: sumbangan dan Pelatihan. Community Education Engagement Journal, 3(1), 58–68. https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.6758

Issue

Section

Articles
Received 2021-04-23
Accepted 2021-11-24
Published 2021-12-20