Pengenalan Mufrodat Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Di Sekolah TAUD Al-Fatih Pekanbaru
Keywords:
Pengenalan mufrodat, Bahasa Arab, Anak Usia Dini, Mufrodat introduction, Arabic, Early childhoodAbstract
ABSTRAK
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membimbing siswa agar memiliki keterampilan dalam melafalkan dan menghafalkan mufrodat dalam bahasa Arab dengan baik dan benar. Adapun program kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa pendampingan belajar dengan pengenalan Mufrodat Bahasa Arab pada anak Usia Dini di Sekolah TAUD Tahfizh Al-Fatih Pekanbaru. Permasalahan yang sering dihadapi anak ketika mendengar Bahasa Arab yaitu paradigma bahwa Bahasa Arab itu sangat sulit di pahami dan dipelajari. Hal ini terlihat pada menurunnya minat siswa untuk mempelajari Bahasa Arab sehingga tidak bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pengabdian ini berupa program bimbingan belajar bahasa Asing yaitu bahasa Arab. Adapun materi yang akan di berikan di antaranya mufrodat (kosa kata) tentang nama buah-buahan, sayur-sayuran dan nama binatang serta nama anggota keluarga. Adapun hasil dari Pengabdian kepada masyarakat diantaranya: (1) Adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta tentang pendampingan belajar berupa pengenalan Mufrodat Bahasa Arab pada Anak Usia Dini khususnya di Sekolah TAUD Tahfizh Al-Fatih Pekanbaru. (2) Seluruh peserta telah memahami tentang cara melafalkan dan melafazkan mufrodat dalam Bahasa Arab. (3) Peningkatan wawasan kepada guru pendidikan Islam Anak Usia Dini (PAUD) terkait pendampingan belajar berupa pengenalan Mufrodat Bahasa Arab pada Anak Usia Dini guna mengembangkan skill bahasa Asing anak usia dini di mulai dari tahap pengenalan materi.
Kata Kunci: Pengenalan mufrodat; Bahasa Arab; Anak Usia Dini
ABSTRACT
This community service activity aims to guide students to have skills in reciting and memorizing mufrodat in Arabic properly and correctly. The community service activity program is in the form of learning assistance with the introduction of Mufrodat Arabic to early childhood at the Tahfizh Al-Fatih TAUD School Pekanbaru. The problem that is often faced by children when they hear Arabic is the paradigm that Arabic is very difficult to understand and learn. This can be seen in the declining interest of students in learning Arabic so that they cannot apply it in everyday life. This service activity is in the form of a foreign language tutoring program, namely Arabic. The material that will be given includes mufrodat (vocabulary) about names of fruits, vegetables and names of animals and names of family members. The results of community service include: (1) There is an increase in knowledge and understanding of participants regarding learning assistance in the form of the introduction of Mufrodat Arabic in Early Childhood especially at Tahfizh Al-Fatih School of Education, Pekanbaru. (2) All participants have understood how to pronounce and pronounce mufrodat in Arabic. (3) Increased insight into Early Childhood Islamic Education (PAUD) teachers regarding learning assistance in the form of the introduction of Mufrodat Arabic in Early Childhood to develop foreign language skills for early childhood starting from the introduction to the material.
Keyword: Mufrodat introduction; Arabic; Early childhood
Downloads
References
Anidza, A. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini di TPA (Taman Penitipan Anak) Ar-Reefat Islamic School Purwokerto (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
Faridah, L. U. (2017). Pengenalan Bahasa Arab Untuk Anak Sejak Dini. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 3(3), 411-419.
Kridalaksana, H. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Munawwarah, H., & Hibana, H. (2022). Implementasi Pengenalan Kosakata Bahasa Arab pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5454-5462.
Ramadhan, S. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini. Utile: Jurnal Kependidikan, 3(2), 180-189.
Published
How to Cite
Issue
Section
Accepted 2023-01-07
Published 2023-05-03