Penerapan Blended Learning Sebagai Media Inteaktif Berbasis Elektronik di Masa Pandemi Covid-19

https://doi.org/10.25299/ceej.v3i02.8684

Authors

Keywords:

Blended Learning, Media, Interactive, Covid 19

Abstract

Pandemi Covid 19 telah memberikan dampak yang signifikan di berbagai sektor, tidak terkecuali pada sektor Pendidikan. Hal ini terlihat dalam proses mengajar mengajar yang biasanya dilakukan secara langsung berubah menjadi online secara perlahan. Pembelajaran online menjadi pilihan utama. Pembelajaran online menjadi pilihan utama dalam melaksanankan proses belajar mengajar. Salah satu pilihannya adalah Blanded learning yang biasanya diperbolehkan hanya 30% sekarang menjadi 100%.  “Blended learning adalah suatu model pembelajaran yang mengkombinasikan strategi pembelajaran tradisional di kelas (classrom lesson) yaitu secara tatap muka dengan pembelajaran berbasis online (e-learning) yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga dapat menggabungkan inovasi dan keuntungan teknologi pada pembelajaran online dengan interaksi dan partisipasi dari keuntungan pembelajaran tatap muka.” Guru ditutut untuk mahir dalam menggunakan teknologi dalam menyampaikan materi secara online, oleh karena itu, tujuan pengabdian ini adalah 1) memberikan pendampingan kepada guru-guru SMA Seri Rama dalam penerapan Blended Learning sebagai media interaktif berbasis elektronik di masa covid 19; 2) Memberikan pemahaman kepada guru-guru mengenai konsep Blended Learning secara komprehensip agar dapat diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENCES
Albion, P. R. (2008). Web 2.0 in Teacher Education: Two Imperatives for Action. Https://Doi.Org/10.1080/07380560802368173, 25(3–4), 181–198. https://doi.org/10.1080/07380560802368173
Castle, S. R., & McGuire, C. (2010). An Analysis of Student Self-Assessment of Online, Blended, and Face-to-Face Learning Environments: Implications for Sustainable Education Delivery. International Education Studies, 3(3). https://doi.org/10.5539/IES.V3N3P36
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning: Prinsip-Prinsip... - Google Cendekia. (n.d.). Retrieved December 14, 2021, from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Mayer%2C+R.+E.+%282009%29.+Multimedia+Learning%3A+Prinsip-Prinsip+dan+Aplikasi.+%28Terjemahan+Baroto+Tavip+Indrojarwo%29.+Yogyakarta%3A+Pustaka+Pelajar.&btnG=#d=gs_cit&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3A2JbkZ2ioHfgJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D1%26hl%3Did
Rovai, A. P., & Jordan, H. M. (2004). Blended learning and sense of community: A comparative analysis with traditional and fully online graduate courses. International Review of Research in Open and Distance Learning, 5(2). https://doi.org/10.19173/IRRODL.V5I2.192

Published

2022-04-22

How to Cite

Rugaiyah, R. (2022). Penerapan Blended Learning Sebagai Media Inteaktif Berbasis Elektronik di Masa Pandemi Covid-19. Community Education Engagement Journal, 3(2), 35–46. https://doi.org/10.25299/ceej.v3i02.8684

Issue

Section

Articles
Received 2022-01-09
Accepted 2022-03-11
Published 2022-04-22