Pendampingan Penggunaan IPA Aplikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa di Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru

https://doi.org/10.25299/ceej.v6i2.21421

Authors

  • Andi Idayani Universitas Islam Riau
  • Laila Fitriah Universitas Islam Riau
  • Missi Tri Astuti Universitas Islam Riau
  • Rabiah Tri Astuti Universitas Islam Riau
  • Siti Jumairoh Universitas Islam Riau

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa IAI Dinniyah Pekanbaru melalui pendampingan dalam penggunaan aplikasi IPA. Metode pelaksanaan kegiatan ini mencakup beberapa tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan monitoring. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan berbicara mahasiswa mengalami peningkatan, yang terlihat dari meningkatnya pemahaman, kosakata, pengucapan, dan kefasihan. Selain itu, kegiatan ini memberikan pengalaman belajar yang positif bagi mahasiswa, membuat pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih interaktif dan menarik. Aplikasi IPA terbukti menjadi alat yang efektif dalam mendukung pemerolehan bahasa dengan menyediakan berbagai fitur yang disesuaikan dengan tingkat keterampilan yang berbeda. Mahasiswa menunjukkan antusiasme dalam menggunakan aplikasi ini serta semakin percaya diri dalam berlatih keterampilan berbicara mereka. Selain itu, program ini menekankan pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa, karena aplikasi digital dapat mendukung pembelajaran mandiri dan latihan berkelanjutan. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa aplikasi semacam ini dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa, tetapi juga memberikan wawasan berharga bagi pendidik dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adityarini, H., Fahdiansyah, M.F., & Novitasari, V. (2022). Enhancing Students’ Pronunciation using Android Pronunciation Application. Advances in Social Science, Education and Humanities Research.

Ali Khan, T. (2021). A Descriptive Study: Factors Affecting the Pronunciation of English Language (L2). Journal of Communication and Cultural Trends, 1(2), 1–16; 2020

Ambalegin, A. Phonological Analysis of English Vowel Pronunciation. KnE Social Sciences, 28–45.

Antaris, I., & Aminun Omolu, F. (2019). Factors Affecting Pronunciation Difficulties of 8th Grade Student of MTSN Palu Barat. Journal of Foreign Language and Educational Research, 2(2).

Destriani, E.S., & Hasim, W. (2019). Analisis Kesulitan Berbicara Siswa Dalam Kegiatan Role Play.Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris dan Linguistik Terapan (EEAL).,111(2).

Ependi, U., & Sopiah, D. N. (2015). Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android Sebagai Media Belajar Matematika Anak Dasar. Jurnal Ilmiah Matrik.

Fouz-González, J. (2020). Using Apps for Pronunciation Training: An Empirical Evaluation of the English File Pronunciation App. Language Learning & Technology, 24, 62-85.

Hamka. (2016). Standardizing Teaching English Vowels in Empowering Students’ Pronunciation (Vol. 4, Issue 1).

Haryadi, S., & Aprianoto, A. (2020). Integrating “English Pronunciation’ App into Pronunciation Teaching: How it Affects Students’ Participation and Learning.

Idayani, A. (2019). An Analysis on Students’ Errors in Pronouncing English Words. English Journal of Indragiri (EJI) 2019, 3(1).

Idayani, A., Maysarah & Sailun, B. (2023). Students’ Ability in Pronouncing English Fricative Consonants at English Language Education of FKIP UIR. 7(1).

Kayyis, R., Tristiana, N.E., & Hardono. (2019). The Effect of Using Android Application in Teaching Pronunciation.

Katawazai, R., & Haidari, M. (2019). An Evaluation of Sub-Skills (Vocabulary, Grammar and Pronunciation) in the Grade 9 English Textbook of Afghan Secondary Schools Literature View project.

Kurnia Ryan A, & Jabu B, M. (2023). The Pronunciation Errors Made by Students of First Grade of Senior High School Frater Makassar. In International Journal of Business, English, and Communication (IJoBEC) (Vol. 1, Issue 1).

Maspufah, M., Afriyeni, Y., & Ariati, J. (2024). Students-Made Tutorial Video as Project Based Learning to Enhance Students’ Pronunciation Skills. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Maspufah, M., & Zuriati, D. (2022). Implementing Speech-Texter Application to Improve EFL Learners’ Fricative Pronunciation. J-SHMIC : Journal of English for Academic.

Pennington, Martha & rogerson revell, Pamela. (2019). Using Technology for Pronunciation Teaching, Learning, and Assessment: Contemporary Perspectives. 10.1057/978-1-137-47677-7_5.

Pourhosein Gilakjani, Abbas. (2018). Teaching Pronunciation of English with Computer Technology: A Qualitative Study. International Journal of Research in English Education (IJREE). 3. 10.29252/ijree.3.2.94.

Roach, P. (2009). English phonetics and phonology: a practical course.

Sari, R. A. (2017). A Course in English Phonetics and Phonology for Indonesian Students Developing Human Resources through Entrepreneurship for Students View project.

Silveira, R., Zanchet, C.E., & Hinchingr Pereira, M. (2022). Affordances of digital technology for English pronunciation teaching. Veredas - Revista de Estudos Linguísticos.

Suryaleksana, B. B., Sari, M. N., Nadilia, M., & Bram, B. (2019). Utilizing the International Phonetic Alphabet to Improve Pronunciation of English Education Students (Vol. 15, Issue 1).

Wongsuriya, P. (2020). Educational Research and Reviews Improving the Thai students’ ability in English pronunciation through mobile application. 15(4).

Published

2025-04-28

How to Cite

Andi Idayani, Fitriah, L., Astuti, M. T., Astuti, R. T., & Jumairoh, S. (2025). Pendampingan Penggunaan IPA Aplikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa di Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 6(2), 78–89. https://doi.org/10.25299/ceej.v6i2.21421

Issue

Section

Articles
Received 2025-02-11
Accepted 2025-03-25
Published 2025-04-28