Pelatihan Pengembangan Soal-Soal Matematika yang Terintegrasi dengan Nilai-Nilai Keislaman

https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.8038

Authors

Keywords:

Pengembangan Soal, Integrasi, Nilai Keislaman.

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam membekali siswa agar memiliki kemampuan matematis yang baik dan ilmu agama yang baik juga, dimana keduanya menjadi tujuan penting pembelajaran yang harus dicapai. Guru selaku pengarah pembelajaran bisa mengajarkan kedua hal tersebut melalui soal-soal matematis yang terintegrasi dengan keislaman. Melalui soal-soal matematis yang diberikan guru nanti, siswa tidak hanya belajar matematika yang akan mengasah kemampuan berpikirnya semakin baik, akan tetapi siswa juga akan menemukan bahkan memahami kaitan matematika dengan unsur keislaman. Untuk itu pengabdian ini bertujuan agar terlatihnya guru-guru dalam mengembangkan soal matematika yang terintegrasi dengan nilai keislaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, D. (2017). Integrasi keislaman dalam ilmu-ilmu umum. Diakses pada 27 Mei 2017 dari http://pendidikanrahman.blogspot.co.id/2015/11/integrasi- keislaman-dalam-ilmu-ilmu-umum.html.
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan matematika terintegrasi islam kepada anak sejak dini. Suska Journal of Mathematics Education, vol. 1, no. 1.
Maarif, S. (2015). Integrasi matematika dan islam dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, vol. 4, no. 2.
Rajasa, S. (2003). Kamus besar bahasa indonesia. Surabaya: Mitra Cendikia.
Ramzy, A. (2004). Mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan ilmu agama. Perta.
Trianto. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif/ KTI). Kencana.
Wildan. (2017). Model pengembangan perangkat pembelajaran bagi guru. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi.

Published

2021-12-20

How to Cite

angraini, lilis marina. (2021). Pelatihan Pengembangan Soal-Soal Matematika yang Terintegrasi dengan Nilai-Nilai Keislaman. Community Education Engagement Journal, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.8038

Issue

Section

Articles
Received 2021-11-08
Accepted 2021-11-28
Published 2021-12-20

Most read articles by the same author(s)