Pelatihan Pengembangan Soal-Soal Matematika yang Terintegrasi dengan Nilai-Nilai Keislaman
Keywords:
Pengembangan Soal, Integrasi, Nilai Keislaman.Abstract
Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam membekali siswa agar memiliki kemampuan matematis yang baik dan ilmu agama yang baik juga, dimana keduanya menjadi tujuan penting pembelajaran yang harus dicapai. Guru selaku pengarah pembelajaran bisa mengajarkan kedua hal tersebut melalui soal-soal matematis yang terintegrasi dengan keislaman. Melalui soal-soal matematis yang diberikan guru nanti, siswa tidak hanya belajar matematika yang akan mengasah kemampuan berpikirnya semakin baik, akan tetapi siswa juga akan menemukan bahkan memahami kaitan matematika dengan unsur keislaman. Untuk itu pengabdian ini bertujuan agar terlatihnya guru-guru dalam mengembangkan soal matematika yang terintegrasi dengan nilai keislaman.
Downloads
References
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan matematika terintegrasi islam kepada anak sejak dini. Suska Journal of Mathematics Education, vol. 1, no. 1.
Maarif, S. (2015). Integrasi matematika dan islam dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, vol. 4, no. 2.
Rajasa, S. (2003). Kamus besar bahasa indonesia. Surabaya: Mitra Cendikia.
Ramzy, A. (2004). Mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan ilmu agama. Perta.
Trianto. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif/ KTI). Kencana.
Wildan. (2017). Model pengembangan perangkat pembelajaran bagi guru. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi.
Published
How to Cite
Issue
Section
Accepted 2021-11-28
Published 2021-12-20