Peningkatan Keterampilan Menyusun Soal Berpikir Tingkat Tinggi bagi Guru-Guru Biologi Madrasah Aliyah Negeri Se Jakarta

https://doi.org/10.25299/ceej.v1i2.4372

Authors

  • Ade Suryanda Universitas Negeri Jakarta
  • Eka Putri Azrai Universitas Negeri Jakarta
  • Tinia Leyli Shofia Ahmad Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta
  • Zubaidah Zubaidah Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta
  • Evi Suryani Madrasah Aliyah Negeri 13 Jakarta

Keywords:

experiential learning, HOTs, MAN

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik dapat diberdayakan dengan memberikan masalah yang tidak biasa dan tidak menentu seperti pertanyaan atau dilema, sehingga penerapan yang sukses dari kemampuan ini adalah ketika peserta didik berhasil menjelaskan, memutuskan, menunjukkan, dan menghasilkan penyelesaian masalah dalam konteks pengetahuan dan pengalaman. Kegiatan ini didasari kenyataan pada umumnya guru masih memiliki kesulitan dalam mengembangkan pertanyaan dan soal yang sesuai dengan karakteristik berpikir tingkat tinggi. Tujuan umum kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam mengatasi kesulitan dan keterampilan guru-guru biologi Madrasah Aliyah Negeri se Jakarta dalam menyusun pertanyaan dan soal yang sesuai dengan karakteristik berpikir tingkat tinggi. Kegiatan di ikuti oleh 40 guru biologi dari 40 Madrasah Aliyah di Jakarta. Kegiatan ini menggunakan Metode experiential learning dengan pendekatan participant-centered melalui teknik case study, dan simulasi/presentasi hasil karya. Pengabdian ini berhasil memberikan pemahaman dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengatasi kesulitan kesulitan dalam menyusun pertanyaan dan soal yang sesuai dengan karakteristik berpikir tingkat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Baker, R. G. (1997). Colin Marsh (1996) Handbook for Beginning Teachers. Addison Wesley Longman: Australia. 406 pp. Australian Journal of Teacher Education, 22(2). https://doi.org/10.14221/ajte.1997v22n2.8
Dennison, P. (2012). Reflective practice: The enduring influence of Kolb’s Experiential Learning Theory. Compass: Journal of Learning and Teaching, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.21100/compass.v1i1.12
Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill ( HOTS). In Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
King, F. J., Goodson, L., & Rohani, F. (2010). Higher Order Thinking Skills. Center for Advancement of Learning and Assessment.
Knowles, M. S. (1978). Community College Review Andragogy : Adult Learning Theory in Perspective. 9–20. https://doi.org/10.1177/009155217800500302
Kolb, D. A., Boyatzis, R. E., & Mainemelis, C. (2014). Experiential learning theory: Previous research and new directions. Perspectives on Thinking, Learning, and Cognitive Styles, (216), 227–247. https://doi.org/10.4324/9781410605986-9
Lewis, A., & Smith, D. (1993). Defining Higher Order Thinking. Theory Into Practice, 32(3), 131–137. https://doi.org/10.1080/00405849309543588
Lieb, S. (1991). Principles of adult learning , Phoenix , AZ : Vision – South Mountain Community College ,.
Moon, J. A. (2014). A Handbook of Reflective and Experiential Learning. In A Handbook of Reflective and Experiential Learning. https://doi.org/10.4324/9780203416150
P, N. A. A., Suryanda, A., & W, R. D. (2018). Hubungan Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA di Jakarta Timur. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2), 161–171. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26877/bioma.v7i2.2804
Ramirez, R. P. B., & Ganaden, M. S. (2008). Creative activities and students’ higher order thinking skills. Education Quarterly, 66(December), 22–33.
Salirawati, D., Permanasari, R. L., Purtadi, S., Ratnaningtyas, A., Nugraheni, E., & Situasi, A. (2017). Pelatihan Pengembangan Soal Hot (Higher Order Thinking) Sebagai Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru. Inotek, 21(1), 14–25.
Sunhaji. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto, 1(1), 1–11.

Published

2020-04-07

How to Cite

Suryanda, A., Azrai, E. P., Ahmad, T. L. S., Zubaidah, Z., & Suryani, E. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyusun Soal Berpikir Tingkat Tinggi bagi Guru-Guru Biologi Madrasah Aliyah Negeri Se Jakarta. Community Education Engagement Journal, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.25299/ceej.v1i2.4372

Issue

Section

Articles
Received 2019-12-27
Accepted 2020-02-26
Published 2020-04-07