Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru

https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6665

Authors

  • Lilis Marina Angraini Universitas Islam Riau
  • Putri Wahyuni
  • Astri Wahyuni
  • Agus Dahlia
  • Abdurrahman Abdurrahman
  • Alzaber Alzaber

Keywords:

Perangkat, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Guru

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman tentang sebuah perangkat pembelajaran bagi guru-guru sebagai pendidik yang profesional. Pemahaman yang baik tentang sebuah perangkat akan menjadikan pembelajaran semakin menarik. Untuk membentuk pembelajaran yang menarik banyak hal yang bisa dilakukan guru, salah satunya menyusun perangkat pembelajaran yang menarik yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Namun kenyataan dilapangan sering sekali guru mengalami kendala dalam penyusunan RPP. Terbentuknya pelatihan tentang pengembangan perangkat RPP bagi guru-guru di Pekanbaru ini diharapkan mampu meminimalisir kendala-kendala yang dialami guru dalam menyusun RPP di sekolah. Adapun tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pembuatan serta perangkat RPP bagi guru-guru di Pekanbaru. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini bahwa terlihat motivasi guru-guru untuk mengasah kemampuan kemampuan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran khususnya RPP sangat tinggi, hal ini ditandai dengan aktifnya guru-guru dalam bertanya dan saat mengikuti teknis pengerjaan RPP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Laisya Amalya. 2019. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Problem Based Learning Berbasis Teknolog Informatika Pada Siswa Smk Tritech Informatika Medan”. Skripsi. FKIP, Matematika, Universitas islam negeri. Medan.
M fadillah. 2014. Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz media
Masitah. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru
Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir. Proceeding Biology Education Conference Volume 15, Nomor 1

Masnur Muslich. 2012. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mohamad Ali. 2017. “Pendidikan Karakter”. Solopos, April 2017.

Niluh dan Heri. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasiya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

______. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Kencana

Wildan. 2017. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru. Society, Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi.

Published

2021-04-30

How to Cite

Angraini, L. M., Wahyuni, P., Astri Wahyuni, Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6665

Issue

Section

Articles
Received 2021-04-07
Accepted 2021-04-21
Published 2021-04-30

Most read articles by the same author(s)