Penguatan Motivasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Bulat Melalui Game Wordwall di MTsN 9 Jombang

https://doi.org/10.25299/ceej.v4i2.10006

Authors

  • Nur Alawi H, Umi Sa'adah MTsN 9 Jombang
  • Umi Sa`dah SMP A Wahid Hasyim Tebuireng
  • Nurwiani STKIP PGRI JOMBANG
  • Lia Budi Tristanti STKIP PGRI JOMBANG

Keywords:

Media pembelajaran, Game wordwall, Bilangan bulat

Abstract

Motivasi siswa MTsN 9 Jombang dalam belajar matematika tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang kurang menarik, siswa merasa kesulitan dalam memahami materi, sehingga nilai pengetahuan menjadi rendah, belum ada media pembelajaran yang tepat untuk memahami konsep dan latihan soal yang bisa memotivasi siswa dalam mengerjakan soal tersebut. Berdasarkan analisis situasi dan permasalahan tersebut, maka tim pengabdi menerapkan solusi alternatif yaitu menginovasi kegiatan pembelajaran matematika di kelas melalui penggunaan media pembelajaran yang efektif berupa game wordwall. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu memberikan materi bilangan bulat dan latihan soal melalui wordwall. Tahapan pengabdian ini meliputi persiapan awal, pelaksanaan, evaluasi dan penulisan laporan. Penerapan media pembelajaran game wordwall menunjukkan hasil peningkatan nilai pengetahuan siswa pada materi bilangan bulat. Pada pretest, hanya 2 dari 10 siswa yang nilainya berada di atas KKM (70). Sedangkan pada posttes, prosentase ketuntasan pada sub game match up sebesar 80% dengan nilai rata-rata 74; prosentase ketuntasan pada sub game open the box sebesar 100% dengan nilai rata-rata 83; prosentase ketuntasan pada sub game quiz sebesar 100% dengan nilai rata-rata 87. Dari keseluruhan data tersebut, pengabdi menarik kesimpulan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan game Wordwall yang telah dilaksanakan di kelas VIII A MTsN 9 Jombang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam menyelesaikan soal bilangan bulat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariwibowo, E.K. 2021. Wordwall: Media Pembelajaran Interaktif Mulai dari Quiz, Wordsearch, hingga Anagram. Tersediah di https://www.erickunto.com/2020/11/wordwall-media-pembelajaran-interaktif.html

Azhar, A. 2002. Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja GravindoPersada

Purwandari, I., Ekawati, W., & Tristanti, L. B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Komat Terhadap Pemecahan Masalah Dan Kecemasan Matematika Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 1-12.

Tristanti, L. B., Akbar, S., & Rahayu, W. A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Construct terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 129-140.

Tristanti, L. B., Ernawati, W., & Hidayati, W. S. (2021). Penerapan Video Media Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Bulat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 413-424

Published

2023-05-03

How to Cite

Umi Sa'adah, N. A. H., Sa`dah, U., Nurwiani, & Tristanti, L. B. (2023). Penguatan Motivasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Bulat Melalui Game Wordwall di MTsN 9 Jombang. Community Education Engagement Journal, 4(2), 61–73. https://doi.org/10.25299/ceej.v4i2.10006

Issue

Section

Articles
Received 2022-07-08
Accepted 2023-04-30
Published 2023-05-03

Most read articles by the same author(s)