Pendampingan Penulisan Antologi Puisi Siswa Kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja Berbasis Kearifan Lokal dengan Tema Hati Santri
Keywords:
Menulis, Antologi puisi, Kearifan lokalAbstract
Kegiatan pendampingan penulisan antologi puisi bagi siswa kelas VIII di MTs Nurul Huda dilakukan sebagai wujud komitmen tim pengabdian untuk mendukung dan mewujudkan visi misi pragam studi PBSI dan program kerja bidang pendidikan Yayasan PPNH Sukaraja, yaitu upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah di bawah naungan YPPNH.. Berdasarkan hasil survei awal diketahui bahwa sejauh ini belum ada siswa yang menghasilkan prestasi berupa karya tulis (dalam bentuk buku). Oleh karena itu kegiatan pendampingan penulisan antologi puisi ini diarahapkan dapat menjadi solusi nyata terkait permasalahan yang ada di sekolah. Hal ini sejalan dengan target luaran atau target akhir dari kegiatan ini adalah terciptanya sebuah produk berupa buku antologi puisi siswa kelas VIII MTs Nurul Huda. Kegiatan pengabdian ini akan dilakukan dalam lima tahapan yakni; 1) survei awal/pra kegiatan, 2) penyusunan modul pendampingan, 3)kegiatan pendampingan (terbagi dalam dua sesi: sesi teori dan sesi praktik), 4) pembuatan produk buku antologi puisi, dan 5) penyusunan laporan kegiatan. Produk dari kegiatan ini adalah sebuah buku antologi puisi berjudul “Hati Santri”.
Downloads
References
Antologi. (2023). Pada KBBI Daring. Diambil 20 Oktober 2023, dari https://kbbi.web.id/antologi
Hikmat, Ade, Nani Solihati, dan Sri Mulyani. (2020). Pendampingan Penulisan Puisi Berbasis Karakter Bagi Siswa SMK Islam Ruhama Ciputat. Prosiding Seminar Nasional Abdimasmu: 55 – 64. Jakarta Selatan, 24 Agustus 2020.
Novitasari, Nine Febrie. (2018). Pendampingan Penulisan dan Publikasi Cerita Pendek dan Puisi Bagi Penulis Muda di Situbondo. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian. CIASTECH: 115 – 124 . Malang 12 September 2018.
Profil MTSS Nurul Huda Sukaraja. Diakses pada 20 Oktober 2023 dari https://mtsnhsukaraja.web.id/
Sartini, N.W. (2009). Menggali nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa lewat Ungkapan (Bebasan, Saloka, dan Paribahasa). Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 28-37.
Suryani dan Lailatul Fitriyah. (2022). Pengembangan LKM Belajar Mandiri Submateri Menulis Puisi. Prosiding SNIPP 2
Wahyuni, Riatri. 2014. Kitab Lengkap Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa
Yukiarti, Yuke. (2014). Kajian Semiotik dan Nilai-Nilai religius Islami Puisi Sapardi Djoko Damono dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di MTs Cikajang Garut. (Tesis Magister. Universitas Pendidikan Indonesia). Diakses dari http://repository.upi.edu/13908/
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Suryani Suryani, Mardiyah Hayati, Jenita Sari, Wulan Suci Rahmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted 2024-04-30
Published 2024-04-30