Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan yang Dimediasi oleh Komitmen pada Pengelola Bumdes di Kabupaten Kuansing

Authors

  • Adie Satriawan Putra Universitas Riau
  • Susi Hendriani Universitas Riau
  • Samsir Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2020.vol31(2).2886

Keywords:

Pelatihan, Kompetensi, Komitmen, Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung pelatihan dan kompetensi terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh komitmen kerja pada BUMDes di Kabupaten Kuantan Singingi. Populasi dalam penelitian ini adalah direksi dan karyawan pada BUMDes. Keseluruhan populasi berjumlah 118 orang direksi dan karyawan pada BUMDes. Penelitian ini mengunakan teknik sampel jenuh atau sensus dimana seluruh populasi dijadikan sampel, berapa  jumlah karyawannya akan ditentukan lebih lanjut di lapangan. Sehingga yang menjadi responden penelitian ini sebanyak 118 karyawan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah SEM PLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelatihan, kompetensi dan komitmen berpengaruh signifikan terhadap kinerja pada BUMDes di Kabupaten Kuantan Singingi. Pelatihan dan kompetensi secara tidak langsung melalui komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pada BUMDes di Kabupaten Kuantan Singingi. Dengan adanya pelatihan secara terus menerus akan memberikan kompetensi yang baik didalam dirinya sehingga kinerja akan semakin baik bagi organisasi ditambah dengan adanya komitmen organisasi yang ada pada diri karaywan sehingga tercapainya tujuan organisasi untuk jangka panjang.

This study aims to analyze the direct and indirect effect of training and competence on employee performance mediated by work commitment at BUMDes in Kuantan Singingi Regency. The population in this study were directors and employees of BUMDes. The total population was 118 directors and employees of BUMDes. This study uses a saturated sampling technique or a census where the entire population is sampled, the number of employees will be determined further in the field. So that the respondents of this study were 118 employees. The data analysis technique in this study was SEM PLS. The results of this study indicate that training, competence, and commitment have a significant effect on performance at BUMDes in Kuantan Singingi Regency. Training and competence indirectly through organizational commitment have a significant effect on the performance of BUMDes in Kuantan Singingi Regency. Continuous training will provide good competence in itself so that performance will be better for the organization coupled with the organizational commitment that exists in employees so that the achievement of organizational goals for the long term.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dessler, Gary, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 9, Indeks, Jakarta
Ghozali, Iman. 2008. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program SMARTPLS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harjanto, B. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Hardjanto, 2012. Metode penelitian Survei, Edisi revisi Jakarta: PT.Pustaka LP3ES
Malthis. 2006. Organizations (Terjemahan), Cetakan Keempat. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.
Mondy R Wayne. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Meyer, & Topolnytsky, L. (2002). Affective, continuance and normative commitment to the organization: A meta- analysis of antecedents, correlates and consequences. Journal of Vocational Behavior, 61, 20–52.
Nurjanah, 2018. Statistik I untuk Ekonomi dan Bisnis. Denpasar : PT. Pustaka Semesta.
Davis and Newstrom, John,W. 2002. Organizational Behavior At Work. 11 edition. New York. Mc Graw - Hill
Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomo 39 Tahun 2010. Tentang Badan Usaha Milik Desa.
Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta:
Rahmadi J. 2011. Leadership (Terjemahan), Edisi Kedua. Jakarta : Prenada Media.
Soekidja, Notoatmodjo.1992. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Reneka Cipta.
Spencer dan Spencer, 2008, Competence At Work. John Wiley & Son. Canada.
Wibowo.2010. Kompetensi (Terjemahan), Cetakan Keempat. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.
Yuriansih end suswanto (2009). Organisasi dan Manajemen Perilaku, Struktur, dan Proses. Jakarta: Erlangga.
Zurnali, Cut. 2010. Learning Organization, Competency, Organizational Commitment, And Customer Orientation: Knowledge Worker-Kerangka Riset Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Depan. Bandung: Unpad Press.

Downloads

Published

2021-03-07