Kolaborasi Kegiatan Belajar Mengajar BIPA Universitas International Batam dan Sekolah Global Indo-Asia
Keywords:
BIPA, Implementasi, PengajaranAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penanaman nilai-nilai karakter, pengenalan budaya indonesia serta keterampilan peserta didik melalui praktek mengajar BIPA di sekolah Global Indo-Asia, kota Batam. Dengan mencapai tujuan pembelajaran, yakni para peserta didik dapat membedakan, menyebutkan, dan menganalisis pohon keluarga, serta mendapatkan evaluasi positif dari guru, kolaborasi pembelajaran dan pengajaran ini dapat dianggap sukses. Para peserta didik tidak hanya memperoleh pengetahuan baru, tetapi juga terlibat aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan interpersonal, dan merasakan keuntungan mendalam dari kolaborasi ini. Oleh karena itu, kegiatan kolaboratif semacam ini memiliki dampak positif yang signifikan bagi kedua belah pihak, membuktikan bahwa pembelajaran dapat menjadi pengalaman yang bermanfaat dan memuaskan.
Mahasiswi memiliki peran yang krusial dalam praktek mengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Sekolah Global Indo-Asia. Peran mereka tidak hanya sebatas sebagai pengajar, tetapi juga sebagai agen perubahan dalam mendukung pembelajaran lintas budaya. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini yaitu dengan memberikan materi yang melingkupi kosa kata keluarga dan penggunaan kata ganti dalam tokoh keluarga terkenal di indonesia kepada murid di Global Indo-Asia, Kota Batam yang dilakukan melalui kegiatan implementasi. Para peserta didik tidak hanya memperoleh pengetahuan baru, tetapi juga terlibat aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan interpersonal, dan merasakan keuntungan mendalam dari kolaborasi ini.
Downloads
References
Andriyanto, O. D., Hardika, M., Yulianto, B., Subandiyah, H., & Tjahjono, T. (2021). Tantangan Dan Strategi Pembelajaran Bipa Bagi Pemelajar Anak-Anak Di Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama. 6, 59–66.
Dwinitia, S., & Anggraini, R. (2021). Penggunaan Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). 3(1), 101–110.
Haryanto, M., & Pd. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Manajemen).
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. In Jurnal Pendidikan Dan Sains (Vol. 2, Issue 2). Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Bintang
Rohimah, D. F. (2018). Internasionalisasi Bahasa Indonesia Dan Internalisasi Budaya Indonesia Melalui Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa). 2(2), 199–211.
Rosiyana. (2020). Pengajaran Bahasa Dan Pemerolehan Bahasa Kedua Dalam Pembelajaran Bipa (Bahasa Indonesia Penutur Asing). 4(3), 374–382.
Ruhimat, T. (2010). Prosedur Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–30.
Semarang, U. N., Cahyono, G., Samsudi, S., Pramono, S. E., & Mahmud, A. (2022). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana ISSN 26866404 Konsep Kolaboratif Perguruan Tinggi Pada Era Digital dalam Penyiapan Guru PAI di FTIK UIN Salatiga. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/428
Setyaningrum, L. W., Andayani, & Saddhono, K. (2018). Pembelajaran Afiks Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 01(1), 49–61.
Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. In Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran (Vol. 1, Issue 1).
Wahidah, N., & Hasanuddin, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru. In Journal for Research in Mathematics Learning) p (Vol. 1, Issue 1).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Maya Marsevani, Nurhayati Balqis, Angelina Trisnauly Purba, Aga Data, Gabriella Jap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted 2024-03-30
Published 2024-04-30