Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif melalui Metode Flipped Learning

  • Sitti Hadijah Universitas Islam Riau
  • Shalawati Shalawati Universitas Islam Riau
Keywords: Pembelajaran, Inovatif, Flipped Learning

Abstract

Transformasi sistem pembelajaran yang terjadi secara mendadak di masa pandemic Covid-19 menimbulkan beragam tantangan bagi para guru, terutama terkait dengan kegiatan mengajar yang harus dilakukan secara daring. Meskipun pembelajaran secara daring bukan sistem pembelajaran baru, para guru masih belum terbiasa dengan sistem pengajaran tersebut. Oleh karena itu, kegiatan “Pendampingan pelaksanaan pembelajaran inovatif  melalui metode flipped learning” diajukan. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan secara daring dengan melibatkan sekelompok guru pada tingkat Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) sekabupaten Indragiri Hulu, Rengat. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan para guru tentang metode pembelajaran Flipped Learning secara inovatif. Defenisi, manfaat, dan cara menerapkan Flipped Learning dipaparkan oleh tim pelaksana dengan cara yang informative dan interaktif. Sehingga para guru diharapkan mampu untuk mengimplementasikan metode Flipped Learning di dalam kelas tatap muka secara tradisional maupun daring, dan  menciptakan pembelajaran yang aktif. Untuk mencapai tujuan tersebut, para peserta pelatihan hendaknya senantiasa meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi pembelajaran karena teknologi pembelajaran senantiasa berkembang dan para peserta didik saat ini sudah sangat akrab dengan penggunaan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A. S. N., & Surtikanti, M. W. (2020). Students’ Perception of Online Learning during COVID-19 Pandemic: A Case Study on the English Students of STKIP Pamane Talino. SOSHUM : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 10(2), 225–235. https://doi.org/10.31940/soshum.v10i2.1316
Akçayır, G., & Akçayır, M. (2018). The flipped classroom: A review of its advantages and challenges. Computers and Education, 126(January), 334–345. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.07.021
Febrianto, P. T., Mas’udah, S., & Megasari, L. A. (2020). Implementation of online learning during the covid-19 pandemic on Madura Island, Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(8), 233–254. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.8.13
Licorish, S. A., Owen, H. E., Daniel, B., & George, J. L. (2018). Student perception Kahoot. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 13(9), 1–24. https://doi.org/10.1186/s41039-018-0078-8
Liu, C., Sands-Meyer, S., & Audran, J. (2019). The effectiveness of the student response system (SRS) in English grammar learning in a flipped English as a foreign language (EFL) class. Interactive Learning Environments, 27(8), 1178–1191. https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1528283
Pede, J. (2017). The effects of the online game Kahoot on science vocabulary acquisition Part of the Science and Mathematics Education Commons, and the Special Education and Teaching Commons. 5–11. http://rdw.rowan.edu/etdhttp://rdw.rowan.edu/etd/2405
Rapanta, C., Botturi, L., Goodyear, P., Guàrdia, L., & Koole, M. (2020). Online University Teaching During and After the Covid-19 Crisis: Refocusing Teacher Presence and Learning Activity. Postdigital Science and Education, 2(3), 923–945. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00155-y
Rinekso, A. B., & Muslim, A. B. (2020). Synchronous online discussion: teaching English in higher education amidst the covid-19 pandemic. JEES (Journal of English Educators Society), 5(2), 155–162. https://doi.org/10.21070/jees.v5i2.646
Wang, A. I., & Tahir, R. (2020). The effect of using Kahoot! for learning – A literature review. Computers and Education, 149(May 2019), 103818. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103818
Zayapragassarazan, Z. (2020). COVID-19: Strategies for Online Engagement of Remote Learners. F1000Research, April. https://doi.org/10.7490/F1000RESEARCH.1117835.1
Published
2021-04-30
Section
Articles
Abstract viewed = 100 times
Download PDF downloaded = 92 times