ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN DANA ZISWAH DI BAITUZZAKAH PERTAMINA

Authors

  • Mufti Hasan Alfani Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Zulfadli Hamzah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Hafizatul Husna Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).10130

Keywords:

Strategi, Pengelolaan, ZISWAH, Baituzzakah Pertamina

Abstract

ZISWAH  ialah sebuah instrumen pendistribusian dan pendayagunaan harta dalam sistem ekonomi syariah yang dapat dijadikan sebagai sarana beramal terhadap sesama muslim. Agar dana tersebut dapat tersalurkan dengan baik, maka dibutuhkan sebuah lembaga dengan orang-orang yang profesional dan ahli dalam mengelolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan ZISWAH di Baituzzakah Pertamina (BAZMA) RU II Kota Dumai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, dan metode yang di gunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan menetapkan 5 orang sebagai responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengelolaan dilakukan dengan dua cara, yaitu : (1) Penghimpunan dana (Fundraising), (2) Pendistribusian dan Pendayagunaan. Namun, dibeberapa program produktif seperti binaan usaha yang bersifat individu tidak jalan evaluasinya dan untuk dana hibah juga belum ada dan saat ini pihak BAZMA Kota Dumai masih mengusahan untuk mencari donaturnya sehingga hal ini menjadi kelemahan di BAZMA RU II Kota Dumai.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, Mufti. 2020. Fungsi Masjid dalam Mengelola Dana ZISWAH sebagai Instrument Pemberdayaan Ekonomi Umat, Journal of Islamic Economics and Philanthropy (JIEP), 3(2), p. 761-762.

Agustina, Devi., & Oktafia, Renny. 2021. Manajemen Pengelolaan Wakaf Tanah Masjid Jami’ Darussalam Desa Jatipayak Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), p. 380-393.

Ahmad. 2020. Manajemen Strategis. Nas Media Pustaka. Makassar.

Amin, Sifaul. 2019. Optimalisasi Dana ZIS pada LAZISNU Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Jurnal Az Zarqa’, 11(2), p. 415-417.

Dewi, Ratna. 2017. Pengelolaan Dana Sedekah pada Pondok Yatim Putri Gampong Cod Suruy Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar Menurut Hukum Islam. Skripsi, Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Djuanda, Gustian., Sugiarto, Aji., Lubis, Irwansyah., Trisilo, Rudi Bambang., Ma’mun, H.TB. Mansyur., A. Chalid 2006. Pelaporan Zakat Pengurang Pajak Penghasilan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Fauziah, Alfi. 2012. Manajemen Pengelolaan Dana Zakat, Infak, Shodaqah dan Wakaf : Studi Kasus pada Yayasan Lembaga Amil Zakat, Infak, Shodaqah dan Wakaf (LAZIS dan Wakaf) Sabilillah Malang. Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hafidhuddin, K.H. Didin. 1998. Zakat Infak Sedekah. Gema Insani. Jakarta.

Hafidhuddin, K.H. Didin. 2002. Zakat dalam Perekonomian Modren. Gema Insani. Jakarta.

ISRA. 2015. Sistem Keuangan Islam (Penerjemah : Ellys T). PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kencana, Ulya. 2017. Hukum Wakaf Indonesia. Setara Press. Malang.

Kurnia, Hikmat., & Hidayat, A. 2008. Panduan Pintar Zakat. Qultummedia. Jakarta.

Mabrurin, Achmad. 2017. Strategi Pengumpulan Dana dan Pendistribusian Zakat, Infak, Shodakoh dalam Meningkatkan Kepuasan Muzakki (Studi Kasus Badan Amil Zakat Nasional Tulungagung). Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negri Tulungagung.

Makiya, Linda Al. 2014. Prosedur Pengelolaan Dana Infaq Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Masyarakat, Kalisari Surabaya. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Mardani. 2012. Fiqh Ekonomi Syariah : Fiqh Muamalah. Kencana. Jakarta.

Ramdhan, Muhammad. 2021. Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara (CMN). Surabaya.

Salam, Abdus. 2011. Strategi Pengelolaan Zakat, Infak Dan Sedekah Dalam Upaya Meningkatkan Kepercayaan Muzzaki pada Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Semarang. Skripsi, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Soemitra, Andri. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Kencana. Jakarta.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Pustaka Barupress. Yogyakarta.

Supadie., Ahmad, Didiek., Amin, H. Ayoeb., Cholil, H. Abdullah Arief., Suseno, H. ahmad Qadim., Mch, Nur’l Yakin. 2015. Studi Islam II. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Wibisono, Yusuf. 2015. Mengelola Zakat Indonesia. Prenadamedia Group. Jakarta.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group. Jakarta.

Downloads

Published

2022-08-24