PENGARUH PENGETAHUAN ZAKAT DAN KEPERCAYAAN KEPADA BAZNAS KABUPATEN KUANTAN SINGINGI TERHADAP MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT

Authors

  • Zulfadli Hamzah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Izzatunnafsi Kurniawan Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(1).5114

Keywords:

Pengetahuan, Kepercayaan, Minat, Zakat, Baznas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris apakah pengetahuan zakat dan kepercayaan kepada Baznas Kabupaten Kuantan Singingi mempengaruhi minat muzakki membayar zakat. Populasinya adalah jumlah muzakki pada tahun 2018 sebanyak 4.232 orang dan sampelnya sebanyak 98 orang. Untuk variabel dependen (Y) yaitu minat muzakki membayar zakat, untuk variabel independen (X) meliputi : pengetahuan zakat (X1), dan kepercayaan (X2). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research), yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena yang lebih mengenai situasi yang terjadi. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui program SPSS versi 23. Dari hasil uji t (parsial) maupun uji F (simultan) didapatkan bahwa pengetahuan zakat dan kepercayaan kepada Baznas secara bersama-sama dan parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel minat muzakki membayar zakat di Baznas Kabupaten Kuantan Singingi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Zuhaily, Wahbah. 1995. Zakat Kajian Berbagai Macam Mazhab. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Bukhari. 2009. Motivasi Berzakat Masyarakat Kabupaten Bangga.
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Leksono, Sonny. 2013. Penelitian Kualitatif Ilmu Ekonomi. Rajawali Pers. Jakarta.
Mandasari, Kartika. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Memilih Jasa Perhotelan (Studi kasus pada Hotel Grasia Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi: Universitas Diponegoro Semarang.
Muhammad Nur, Mukhlis & Zulfahmi. 2018. Pengaruh Pengetahuan, Pendapatan dan Kepercayaan terhadap Minat Muzakki dalam membayar Zakat di Baitul Maal Kota Lhokseumawe. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, Vol. 03, No. 3, P. 89-99.
Nugroho, Aditya Surya & Nurkhin, Ahmad. 2019. Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, Pengetahuan Zakat terhadap Minat Membayar Zakat Profesi melalui Baznas dengan Faktor Usia sebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, Vol. 8, No. 3, P. 955-966.
Rakhmania, Nabila Akhiri. 2018. Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Kepercayaan, dan Pengetahuan terhadap Minat Muzakki mengeluarkan zakat melalui Lemabaga Amil Zakat di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, Vol. 6, No. 2.
Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.
Satrio, Eka & Siswantoro, Dodik. 2016. Analisis Faktor Pendapatan, Kepercayaan, dan Religiusitas dalam Mempengaruhi Minat Muzakki untuk Membayar Zakat Penghasilan melalui Lembaga Amil Zakat. Simposium Nasional Akuntansi XIX, Lampung.
Slameto. 2012. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Taufiq Amir, Muhammad. 2005. Dinamika Pemasaran. Grafindo Persada. Jakarta.
Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan. Grafindo Persada. Jakarta.
Yunus, Muhammad. 2016. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Religiusitas, dan Kontribusi terhadap minat Pedagang mengeluarkan Zakat di Baitul Mall (Studi Kasus pada Pedagang Pasar di Pasar Los Lhokseumawe). At-Tawassuth, Vol. 1, No. 1, P. 96-124.

Downloads

Published

2020-05-01