EVALUASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK CICIL EMAS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS DALAM IHSAN

Authors

  • Sherin Meliana Program Studi Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Romi Adetio Setiawan Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Khairiah Elwardah Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(1).16799

Keywords:

Strategi Pemasaran, Cicilan Emas, Business Model Canvas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi strategi pemasaran produk cicil emas Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu Bengkulu Panorama dengan pendekatan Business Model Canvas dalam Ihsan. Dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran berfokus pada segmentasi nasabah memiliki saldo rata-rata di atas Rp.10.000.000,- dan nasabah pembiayaan haji. Pemasaran dilakukan melalui media sosial (whatsapp, instagram, facebook) dan whatsapp blast, serta menggunakan strategi sosialisasi, canvassing, dan personal selling. Business Model Canvas digunakan dalam evaluasi, mengungkapkan bahwa segmentasi pelanggan dapat membatasi aksesibilitas produk untuk masyarakat dengan saldo di bawah Rp.10.000.000,-. Proposisi nilai menyoroti kualitas emas, likuiditas tinggi, dan peningkatan nilai setiap tahun dengan transparansi pembiayaan melalui akad murabahah dan akad rahn. Namun, perlunya pengembangan sesuai perkembangan teknologi dan preferensi konsumen. Hubungan pelanggan melalui whatsapp blast dan pertemuan langsung dinilai efektif, tetapi perlu dipertahankan untuk meningkatkan loyalitas. Arus pendapatan bersih diperoleh dari margin setelah dikurangi pajak, zakat, dan biaya operasional. Sementara kemitraan dengan pihak seperti PT. Antam, PT. Pengadaian Galeri 24, BMT Kubuk 006 (Koperasi), Toko Emas Rekanan Hermaini, dan nasabah perlu diperkuat. Struktur biaya melibatkan biaya konsumsi, biaya cetak (spanduk, brosur), hadiah untuk nasabah, biaya administrasi, asuransi jaminan, dan materai yang ditanggung oleh nasabah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Edisi 1. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Anastasia, Mahilda., & Oktafia, Renny. 2021. Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru : Islamic Banking and Finance, 4(2), p. 431-444.

Darmadi. 2022. Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif. Equator : Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 10(2), p. 085-092.

Elwardah, Khairiah., & Nurhayati. 2019. Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Dalam Produk Pembiayaan Murabahah (Studi Pada PT. BPRS Muamalat Harkat Sukaraja). Baabul Al-Ilmi : Jurnal Ekonomi dan Perbankkan Syariah, 4(1), p. 75-88.

Fuad, Fikri Ihsanul., Kadang, Juliana., & Syarifuddin, Ihksan. 2023. Implementasi Business Model Canvas (BMC) Dalam Perencanaan Strategi Pemasaran Toreko. EBISMEN : Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(1), p. 102-113.

Hunger, J. David., & Wheelen, Thomas L. 2003. Manajemen Strategis. Edisi 2, Andi Offset. Yogyakarta.

Kotler, Philip., & Keller, Kevin Lane. 2019. Marketing Management. Pearson Pratice Hall, Inc. New Jersey.

Komala, Cucu. 2020. Integrated Marketing Communication (IMC) Islamic Business Ethics Perspective. Journal : Khazanah Sosial, 2(2), p. 57-62.

Lutfiah, Siti Nur. 2022. Moralitas dan Etika Bisnis Dalam Sektor Distribusi Menurut Perspektip Islam. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(3), p. 302-312.

Maulana, Dharma Arif Mulana., Ansori, Sohibul., & Agustin, Fitriyana. 2022. Analisis Penerapan Konsep Kejujuran, Adil, dan Ihsan Dalam Jual Beli Online Melalui Whatsapp di Pamekasan. IQTISADIE: Journal of Islamic Banking and Shariah Economy, 2(1), p. 27-50.

Mukhlas, Abdullah Arif. 2021. Konsep Kerjasama Dalam Ekonomi Islam. Al Iqtishod : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(1), p. 001-019.

Nurvajri, Cut. 2019. Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas di Bank Syariah Mandiri KCP Darussalam Banda Aceh. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Osterwalder, Alexander., & Pigneur, Yves. 2012. Business Model Generation. PT. Elex Media Komput Indo. Jakarta.

Purba, Jonathan Anugerah., Suparno, Ono., & Asmara, Alla. 2020. Development Strategy at Express Company in PT OSL Prima Using Business Model Canvas. International Journal of Research and Review, 7(8), p. 81-90.

Saputra, Wahyu Agung., Setiawan, Romi Adetio., & Stiawan, Evan. 2023. Analisis Strategi PT. FAC Sekuritas dalam Meningkatkkan Jumlah Investor di Pasar Modal Syariah. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 6(2), p. 752-761

Setiawan, Romi. 2023. Avoidance of Riba-Based Loans and Enhancement of Quality of Life: An Indonesian Context Analysis. Journal of Religions, 14(11), p. 1-11.

Suliyanto. 2010. Studi Kebudayaan Bisnis Pendekatan Praktik, Edisi 1. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Zahzuli, Adzah., Wulandari, Salsa., Alifia, Faiza., Amaliyah, Nur., & Sharyat, Yayat. 2022. Etika Berkomunikasi Dalam Islam. Busyro : Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 4(1), p. 1-8.

Downloads

Published

2024-04-28