ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DI BMT AL-ITTIHAD PEKANBARU

Authors

  • Zulkifli Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Muhammad Arif Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Zulfadli Hamzah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Dewi Ayu Lestari Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).10186

Keywords:

Pengembangan SDM, Keunggulan Kompetitif, BMT

Abstract

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan upaya terencana dan berkelanjutan yang dilakukan oleh organisasi untuk meningkatkan keterampilan  kinerja organisasi, melalui program pengembangan dan pelatihan staf, dalam meningkatkan sumber daya manusia keunggulan kompetitif sangat berpengaruh terhadap kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan organisasi lain yang berada diruang lingkup perusahaan. Penelitian ini dilakukan di BMT Al-Ittihad Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengembangan SDM BMT Al-Ittihad dan bagaimana implikasi strategi pengembangan SDM dalam meningkatkan keunggulan kompetitif di BMT Al-Ittihad. Sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan dan implikasi strategi pengembangan SDM dalam meningkatkan keunggulan kompetitif BMT Al-Ittihad. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang dijadikan informan dalam penelitian ini pimpinan kantor cabang BMT Al-Ittihad, AO, CS, dan teller di BMT Al-Ittihad cabang Rumbai Pekanbaru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam analisis data yang dilakukan penulis menggunakan analisis data kualitatif dengan pendekatan induktif dalam menarik kesimpulan dari data yang ada. Temuan penelitian terhadap strategi pengembangan SDM dalam meningkatkan keunggulan kompetitif sudah dilaksanakan secara maksimal terhadap BMT Al-Ittihad yang berdampak positif dan sangat mendukung produktivitas kinerja karyawan, seperti pengawasan kerja, evaluasi kerja, pemberian rewards dan promosi jabatan.                   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnanputra, Ahmad S. 1994. Strategi Pengembangan SDM Menurut Konsep Islam. Majalah Triwulan Mimbar Ilmiah. Universitas Islam Jakarta. Jakarta.

Amin, Riawan. 2010. Menggagas Manajemen Syariah: Teori Dan Praktik The Celestial Management. Salemba Empat. Jakarta.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga. Jakarta.

Bernardin, H. J. & Russel, J. E. A. 1993. Human Resource Management an experiental Approach. Mc Graw-Hill, Inc. Singapore.

Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik. Bumi Aksara. Jakarta.

Hakim, Budi Rahmat. 2012. Manajemen Berbasis Syariah. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Indrawijaya, Sigit., & Dahmiri. 2012. Keunggulan Kompetitif Melalui Strategi Sumber Daya Manusia Disektor Jasa Berdasarkan Kerangka Value Chain Management. Journal Manajemen Terapan dan Keuangan, 1(1), p. 75-85.

Ismanto, Kuat. 2015. Pengelolaan Baitul Maal Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Di Kota Pekalongan. Journal Penelitian, 12(1), p. 24-38.

Mathius, R. L., & Jackhson, J. H. 2004. Human Resource Management (Terjemahan Diana Angelica) Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat. Jakarta.

Priansa, J. D. 2018. Perencanaan & Pengembangan SDM. Alfabeta. Bandung.

Raymond, A. N., Hollenbeck, J. R., Gerhart, B., & Wright, P. M. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia: Mencapai Keunggulan Bersaing. Salemba Empat. Jakarta.

Ridwan, 2004. Manajemen Baitul Maal wat Tanwil (BMT). UII. Press. Yogyakarta.

Rusby, Zulkifli. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Rajawali Pers. Depok.

Sanusi, Anwar. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.

Sudjana, K., & Rizkison, R. 2020. Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Dalam Mewujudkan Ekonomi Syariah yang Kompetitif. Journal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), p. 175-194.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Downloads

Published

2022-08-21