STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK TABUNGAN HAJI DAN UMROH IB PADA BTN SYARIAH KCPS GRESIK

Authors

  • M Aliyuddin Al Musawwa Fakultas Ilmu Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura
  • Luluk Hanifah Fakultas Ilmu Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).15201

Keywords:

Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Produk Tabungan Haji dan Umrah

Abstract

Pertumbuhan lembaga keuangan syariah di Indonesia didorong oleh faktor demografis, yaitu mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Masyarakat Muslim cenderung memilih lembaga keuangan syariah karena dasar dan hukumnya berlandaskan pada ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Di dalam Penelitian kualitatif deskriptif, peneliti mendeskripsikan tentang objek dengan mencatat apa yang ada dalam objek penelitian. Penelitian ini dilakukan di Bank Tabungan Negara Syariah KCPS Gresik. Setelah melakukan wawancara dan observasi dengan beberapa Informan, dapat disimpulkan bahwa strategi Pemasaran Syariah yang diterapkan oleh Bank BTN Syariah KCPS Gresik telah mencapai kesuksesan yang signifikan dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah Tabungan Haji dan Umrah iB. pertumbuhan jumlah nasabah meningkat dengan fantastis sebesar 284,51% di tahun 2022 dengan jumlah nasabah sebesar 273 nasabah Strategi Pemasaran Syariah yang diterapkan pada BTN Syariah KCPS Gresik telah terbukti memberikan dampak yang besar dalam meningkatkan jumlah nasabah Tabungan Haji & Umrah iB di BTNS KCPS Gresik, Jika melihat hasil penelitian pertumbuhan tersebut merupakan kenaikan tertinggi BTNS KCPS Gresik menerapkan berbagai elemen dalam bauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) dengan mempertimbangkan karakteristik Pemasaran Syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Nuryadi. 2019. Tinjauan Terhadap Strategi Pemasaran Pada Tabungan Haji Dalam Akad Mudharabah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Sudirman, Bogor). Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 3(1), p. 76-95.

Ali, Muhammad., Rusydi, Ibnu., Himmawan, Didik., & Muslikh, Ahmad Saeful. 2022. Analisis Produk Tabungan Haji & Umroh Ib Dengan Menggunakan Akad Mudharabah Mutlaqoh (Studi Pada BTN Syariah KCPS Indramayu). JSEF, Journal of Sharia, Economic and Finance, 1(2), p. 81-92.

Arifah, Dwi Nor. 2018. Evaluasi Strategi Marketing Door to Door dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota di KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang. Tugas Akhir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Arifin, Mohamad Zainal., Suliyono., & Anshori, Muh. 2022. Pemasaran Syariah Dalam Perspektif Hadits Dan Aplikasinya Pada Perbankan Syariah. Madani Syariah, 5(2), p. 83-97

Dahruji,. & Permata, Arif Rachman Eka. 2017. Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam: Tinjauan Teoritik Dan Empiris Di Indonesia. Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 4(1). p. 1-11.

Dewi, Pratiwie Nirmala., Hendriyani, Chandra., & Ramdhani, Rommy M. 2021. Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi. JIP Jurnal Industri dan Perkotaan, 17(2), p. 6-13.

Kamila. 2019. Strategi Pemasaran Produk BTN Batara Haji Dan Umroh Ib Pada Pt. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Syariah Pekanbaru. Laporan Akhir, Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Kasanah, Puput Astuti Nurul., & Hanifah, Luluk. 2023. Pengaruh Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim pada Cafe Bintang Sanga. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 3(1), p. 52-64

Lidyasari, Mila. 2018. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji Indonesiapada Bank BRI Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Tugas Akhir, Program Studi Diploma Perbankan dan Keuangan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Mohamad, Roni., & Rahim, Endang. 2021. Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Perspektif Syariah. Mutawazin: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), p. 15-26.

Mulyawati, Athica. 2020. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Terhadap Produk Tabungan Haji Dan Umroh pada Bank Muamalat Indonesia Kota Metro Tahun 2018. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Agama Islam Negeri Metro.

Rachman, Abdul., Haura, Arie., Sari, Dewi Puspita., & Faluthamia, Mayang Ayu. 2022. Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji Dan Umrah IB Pada BTN KCPS Tangerang. Madani Syari'ah, 5(1), p. 43-58.

Rahayu, Reza Sri. 2020. Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Padabank Syariah Mandiri. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bsinis Islam Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh.

Rijali, Ahmad. 2019. Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), p. 81-95

Roosinda, Fitria Widiyani. 2021. Metode penelitian kualitatif. Zahir Publishing. Yogyakarta.

Sakdiyah, Halimatus., & Rohman, Abdur 2022. Strategi Bisnis Cafe Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Ditinjau Perspektif Syariah Marketing Mix (Studi Pada Cafe Sekitar Universitas Trunojoyo Madura). Kaffa: Journal of Sharia Economic & Bussines Law, 1(4). p. 1-22.

Suhri, Muhammad. 2021. Strategi Pemasaran Tabungan Haji Terhadap Minat Masyarakat Di Bank Syariah Mandiri Sumbawa Besar. Al-Bayan: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam, 1(1). p. 2746-6469.

Winarto, Hari. 2011. Strategi Pemasaran. Majalah Ilmu Ekonomika, 14(3), p. 109-145.

Downloads

Published

2023-11-30