PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN JUMLAH FUNDING DAN LENDING DI BMT HARAPAN UMMAT SIDOARJO

Authors

  • Indah Nur Anisa Program Studi Perbankan Syariah, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Renny Oktafia Program Studi Perbankan Syariah, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(1).6597

Keywords:

Bauran Pemasaran, Funding, Lending

Abstract

Pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I 2020 tercatat sebesar 2,97% (yoy) terjadi penurunan yang dimana pada triwulan IV 2019 mencapai 4,97% (yoy). Sedangkan kondisi pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur pada triwulan I 2020 sebesar 3,04% (yoy) dimana lebih rendah dibandingkan pada triwulan IV 2019 yang sebesar 5,54% (yoy). Dapat dilihat bahwa pertumbuhan ekonomi secara regional maupun nasional mengalami penurunan yang cukup signifikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan strategi marketing mix di BMT Harapan Ummat Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menerapkan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mendapatkan informasi secara langsung dari informan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dimana observasi menggunakan teknik observasi partisipatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi marketing mix di BMT Harapan Ummat sudah baik dan benar akan tetapi ada beberapa strategi yang belum terpenuhi secara utuh sehingga peningkatan jumlah funding dan lending serta pendapatan yang diterima BMT Harapan Ummat tidak meningkat di tiap bulannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Y. R., Zain, I., & Nuraini, P. 2019. Analisis Dimensi Service Marketing Mix Sebagai Pengukur Kepuasan Nasabah Bank Syariah Di Pekanbaru. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 2(2), p. 1–15.

Bank Indonesia. 2020. Laporan Perekonomian Provinsi Jawa Timur Februari 2020. di kutip dari : https://www.bi.go.id/id/publikasi/kajian-ekonomi-regional/jatim/Pages/LPP-JATIM-FEB-2020.aspx

Bank Indonesia. 2020. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan I 2020 Melambat. di kutip dari : https://www.bi.go.id/id/ruang-media/siaran-pers/Pages/sp_223620.aspx

Darmawan, A., Khasanah, K., & Rejeki, S. 2019. Penerapan Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan Bank Syariah Mandiri Di Purwokerto Dengan Keputusan Menabung Sebagai Variabel Intervening. Fidusia : Jurnal Keuangan dan Perbankan 2(1), p. 1–13.

Dinas Koperasi. 2018. Data UKM Di Jawa Timur. di kutip dari : http://diskopukm.jatimprov.go.id/info/data-ukm

Hidayat, M. A., & Anwar, Moch Khoirul . 2019. Bauran Pemasaran Pada BMT Mandiri Sejahtera Cabang Kedungpring Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), p. 86–96.

Kasmir. 2005. Pemasaran Bank. Prenada Media. Jakarta.

Kirom, C. 2016. Strategi Marketing Mix Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) Unit Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Pasuruan. Maraji' Jurnal Ilmu Keislaman, 3(1), p. 163-181.

Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran Indonesia edisi 1. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip & Amstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran (VIII). Erlangga. Jakarta,

Lisdawami, I. M., & Mawardi, I. 2017. Pengembangan Produk Funding KSPPS BMT Amanah Ummah Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 4(11). p. 889-901.

Maudy, A. L., & Oktafia, Renny. 2020. Strategi Optimalisasi Penghimpunan Dana Nasabah Bagi Perkuatan Permodalan Di BMT Mawaddah Kantor Cabang Pandaan Pasuruan. Al-Mustashfa : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam, 5(2), p. 171–182.

Ningsih, D. D. S., & Maika, M. R. 2020. Strategi Bauran Pemasaran 4P Dalam Menentukan Sumber Modal Usaha Syariah Pedagang Pasar di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(03), p. 693–702.

Oktavia, R. 2014. Peranan Baitul Maal Wattamwil (BMT) Terhadap Upaya Perbaikan Moral Masyarakat Di Kawasan Dolly Surabaya. An-Nisbah, 01(01), p. 119-137.

Sanwani, Herwanti, T., & Jufri, A. 2017. Strategi penghimpunan dan penyaluran dana pada Baitul Maal wat Tamwil. Al Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 2(1), p. 1-16.

Selang, C. A. 2013. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal Emba, 1(3), p. 71-80.

Sisminawati. 2019. Implementasi Bauran Pemasaran Atas Sosialisasi Produk ZISWAF Pada BMT Hasanah Ponorogo. Tesis pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sujono, R. I., & Wibowo, F. W. 2020. Marketing Mix Dan Tingkat Margin Dalam Pengambilan Keputusan Pembiayaan Pada Nasabah Bank Syariah. EL-Dinar, 8(1), p. 37–51.

Wijaya, E., & Marantika, P. 2018. Pengaruh Service Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Pada PT. Bank Mayapada Internasional Tbk. Cabang A. Yani Pekanbaru. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 1(2), p. 283-296.

Wiroso. 2011. Produk Perbankan Syariah. LPFE Usakti. Jakarta.

Yaningwati, F. 2014. Analisi Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Musyarakah Terhadap Tingkat Profitabilitas (Return On Equity) ( Studi pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di Bank Indonesia Periode 2009-2012 ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 12(1), p. 1–9.

Downloads

Published

2021-05-01