IMPLEMENTATION OF MUDHARABAH FINANCING PRODUCT PROMOTION STRATEGY AT BMT AKAS BOJONEGORO REGENCY
DOI:
https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(2).17478Keywords:
Strategi, Promosi Produksi, Pembiayaan Mudharabah, BMT AKAS, BojonegoroAbstract
Peningkatan jumlah anggota yang stabil pada BMT AKAS Kabupaten Bojonegoro selama lima tahun terakhir menunjukkan bahwa BMT memiliki strategi promosi yang efektif. Pembiayaan mudharabah sebagai produk unggulan menjadi salah satu faktor utama peningkatan jumlah anggota. Oleh karena itu, peneliti melakukan studi untuk memahami implementasi strategi promosi pembiayaan mudharabah di BMT AKAS Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di Kantor BMT AKAS Kabupaten Bojonegoro. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta data sekunder yang diperoleh dari literatur online dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan metode keabsahan data, triangulasi data, pengambilan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT AKAS Kabupaten Bojonegoro menerapkan empat strategi promosi, yaitu periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan personal (personal selling), dan pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth). Meskipun semua kegiatan promosi ini berkontribusi pada peningkatan volume pembiayaan mudharabah, strategi promosi yang paling efektif dalam mempengaruhi pembiayaan mudharabah adalah penjualan personal dan pemasaran dari mulut ke mulut. Hal ini sesuai dengan target pasar BMT AKAS Kabupaten Bojonegoro, yaitu kalangan menengah ke bawah.
Downloads
References
Budianto, Eka Wahyu Hestya. 2022. Pemetaan Penelitian Akad Mudharabah Pada Lembaga Keuangan Syariah: Studi Bibliometrik Vosviewer Dan Literature Review. J-EBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 7(1), p. 43–68.
Chandler Jr, A. D. 1969. Strategy and Structure: Chapters in The History of The American Industrial enterprise. MIT press. England.
Firmansyah, Fani., & Abdilah, Kotijah Fadilah. 2014. Analisis SWOT Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pada PT. Panin Bank Syariah, Tbk. Kantor Cabang Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 10(2), p. 77-96.
Hasanah, Kharina Malihatul. 2021. Strategi Promosi Untuk Menarik Minat Nasabah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Mumbulsari Kabupaten Jember. Economic: Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 12(2), p. 51–55.
Kotler, Philip., & Armstrong, Gary 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip., & Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management. Pearson. England.
Latif, Chefi Abdul. 2020. Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah di Perbankan Syariah. Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Bisnis Syariah (AKSY), 2(1), p. 9–22.
Latifah, Eny. 2019. Baitul Maal Wat Tamwil Sebagai Microfinance Alternative Ummat. Madinah: Jurnal Studi Islam, 5(1), p. 1–15.
Lupiyoadi, Rambat., & Hamdani, Ahmad. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Language, 18(298p), p. 26cm.
Nasuka, Moh. 2020. Konsep Marketing Mix Dalam Perspektif Islam: Suatu Pendekatan Maksimalisasi Nilai. BISEI: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 5(01), p. 27–46.
Noviastuti, Nina., & Nurhayati, Neneng. 2022. Upaya Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode Marketing Mix di PT. Mega Finance Yogyakarta. Jurnal Nusantara, 5(1), p. 30-37.
Prahalad, C. K., & Hamel, Gary. 2003. The Core Competence of Corporation. Harvard Business Review, 69(3), p. 275-292.
Rizky, Irvan Muhammad., & Azib. 2021. Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Mudharabah dan Musyarakah terhadap Return On Assets. JRMB : Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(1), p. 16–24.
Saputro, Alfredo Slamet., Hidayat, Kadarisman., & Yulianto, Edy. 2016. Perencanaan Strategi Pemasaran Paket Data Kampus Dalam Persaingan Di Bidang Paket Data Internet (Studi Kasus Pada PT. Telkomsel Cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), p. 163-169.
Soemitra, Andi. 2018. Peran Pemberdayaan Masyarakat Oleh Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Perspektif Sustainable Development Goals (SDGs). FEB UINSU Press. Medan
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan Penelitian. CV. Andi. Yogyakarta.
Widyawati, Sagita., Fasa, Muhamad Iqbal., & Suharto. 2022. Analisis Strategi Promosi Terhadap Pengembangan Produk Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), p. 355-368.
Wijandari, Ana., & Sumilah, Neng. 2021. Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKM Kecamatan Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), p. 61–64.
Yeni, Fitri., Erwin, Gusnadi., & Ali, Hapzi. 2019. Analisis Strategi Pemasaran dalam eamatan Ipuh, kabupaten mukomuko. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(1), p. 38–54.
Zulianto, Aris., Mufidah, Enryul., & Safitri, Nur Zaeni. 2021. Implementasi Strategi Promosi Di BMT Bina Insan Cendikia Sumberrejo. Tawazun: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), p. 1–12.