PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PADA UMKM FRANCHISE PENTOL KABUL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN

Authors

  • Diana Lestari Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Masruchin Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fitri Nur Latifah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(1).9243

Keywords:

Strategi Pemasaran Syariah, Franchise, UMKM, Analisis SWOT

Abstract

Munculnya wabah Covid-19 memberikan dampak negatif bagi masyarakat tentunya dalam hal perekonomian masyarakat yang sangat menurun, sehingga banyak masyarakat berbondong-bondong mencari pekerjaan baru maupun mencari pendapatan tambahan dengan bergabung menjadi mitra franchise UMKM Pentol Kabul di Desa Tulangan, Sidoarjo merupakan salah satu hal yang dapat membantu perekonomian masyarakat. Prinsip dalam menerapkan strategi pemasaran ada dua konsep yakni keuntungan dan keberkahan. Franchise merupakan bisnis yang menguntungkan dan dapat meminimalisir resiko atas kerugian usaha. Dalam membangun usaha harus mempelajari strategi pemasaran dengan baik tentunya mempelajari pemasaran yang sesuai dengan prinsip syariah. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus dengan melakukan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dan Pembahasan dari penelitian ini ialah penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh pemilik usaha sebagian telah diterapkan. Sedangkan penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh para mitra telah dilakukan dengan baik, sehingga dapat mempengaruhi  pendapatan yang diperoleh mitra franchise dari bulan Desember 2021-Januari 2022 yang mengalami peningkatan pendapatan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmoko, T. Prasetyo Hadi. 2018. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), p. 83-96.

Ayudhia, Viona., & Hidayat, Wahyu. 2017. Analisis Bauran Pemasaran Pada UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Enting-Enting Gepuk Di Kota Salatiga). JIAB Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3), p. 407-417.

Darung, Fiasco., & Kristinae, Vivy. 2020. Arsitektur Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ukm Makanan Kecil Pada Masa Covid-19 Di Kalimantan Tengah. Media Bina Ilmiah, 15(1), p. 3815–3822.

Dewi, Pratiwie Nirmala., Hendriyani, Chandra., & Ramdhani, Rommy M. 2021. Analisis Implementasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi. Jurnal Industri Dan Perkotaan, 17(2), p. 6–13.

Fathoni, Muhammad Anwar. 2018. Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurisdictie, 9(1), p. 128-146.

Fatma, Nurhendra., Najib, Mukhamad., & Yasid, Mukhamad. 2019. Pengaruh Interpretasi Konsumen Dalam Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Produk Shampo Sari Ayu Hijab) PT. Martina Berto. Tbk. Martha Tilaar). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(3), p. 277-291.

Herlinawati, Erna., & Arumanix, Evy Ratno. 2017. Analisis Pendapatan UMKM Sebelum dan Sesudah Menerima Kredit Tunas Usaha Rakyat. Jurnal Indonesia Membangun, 16(2), p. 1–13.

Jannah, Miftahul., & Ashal, Farid Fathony. 2019. Analisis Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Berbasis Syariah Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Produk Nozy Juice Di Kota Banda Aceh. JIHBIZ : Global Journal of Islamic Banking and Finance., 1(1), p. 49-66.

Kalimah, Siti., & Fadilah, Nur. 2018. Marketing Syariah: Studi Analisis Produk Kenzie Di Gudo Jombang. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), p. 1-29.

Kartika, Lia. 2019. Apakah Pembelian Kepemilikan Franchise Akan Selalu Menguntungkan?. Jurnal Manajemen Dan Teknologi Pendidikan (JMTP), 5(2).

Kolanus, Livia Tinneke Olly., Rumate, Vekie A., & Engka, Daisy S. M. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Mikro Kecil (UMK) Di Kota Manado. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 21(04), p. 46–62.

Kurniasih, Erni Panca. 2020. Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Penurunan Kesejahteraan Masyarakat Kota Pontianak. Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan 2020, p. 277–289.

Leli, Maisaroh. 2019. Strategi Pemasaran Dalam Prespektif Islam. Jurnal At-Tasyi’iy, 2(1), p. 55.

Mardiyanto, Eko. 2021. Implementasi Marketing Mix Dalam Pemasaran Perbankan Syariah. AL-IQTISHOD: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(1), p. 93–103.

Mayasari, Riezki Eka. 2018. Waralaba (Franchise) Dalam Sistem Hukum Islam Dan Hukum Positif di Indonesia. Al-Ishlah : Jurnal Ilmiah Hukum, 21(2), p. 108-114.

Melinia., Fasa, Muhammad Iqbal., & Suharto. 2021. Implementasi Marketing Mix Strategy Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Aneka Keripik Sungkai Jaya Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah), 08(02), p. 147–171.

Muali, Chusnul., & Nisa’, Khoirun. 2019. Pemasaran Syariah Berbantuan Media Sosial: Kontestasi Strategis Peningkatan Daya Jual. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), p. 168-185.

Nur’aini, Fajar. 2016. Teknik analisis SWOT : Pedoman Menyusun Strategi Yang Efektif & Efisien Serta Cara Mengelola Kekuatan & Ancaman. In Teknik Analisis SWOT (Cetakan 1). Quadrant. Yogyakarta.

Nurhadi. 2019. Manajemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing Mix) Perspektif Ekonomi Syariah. Human Falah : Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(2), p. 141-157.

Nurhayati, Ami., & Astriwati. 2021. Strategi Pemasaran Franchise Dalam Meningkatkan Pendapatan Dimasa Pandemi Covid 19. YUME : Journal of Management, 4(3), p. 389–399.

Puspitasari, Ana Widya., & Oktafia, Renny. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Syariah Untuk Peningkatan Pangsa Pasar Produk Jelly Motif Pada UD Sumber Abadi Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam Ekonomi Islam, 11(2), p. 140-157.

Sahla, Hilmiatus. 2019. Konsep Pemasaran dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(2), p. 57-61.

Saputra, Hendra., & Kaharudin, M. Robby. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Keripik Tempe Azzahra Desa Sumber Rahayu Perspektif Ekonomi Islam. Adl Islamic Economic, 2(2), p.143–162.

Sebastian, Muhammad Djaman., 2020. Analisis Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Sepeda Motor Honda Genio Pada PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Banjarmasin. Diploma Thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

Siyoto, Sandu., & Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing. Yogyakarta.

Syahrani H. 2012. Bisnis Waralaba di Indonesia dalam Perspektif Hukum Bisnis Syariah. AT - TARADHI :Jurnal Studi Ekonomi, 3(2), p. 131-146.

Wahyufayola, Elvira., Madani, Indiharjo., Alawi, Muhammad Syarifudin., Bayu, Melia., Andono, Ayisalsabillah., Rozita, Aulia., Putri, Anggun., Laili, Salsabila., & Widyantoro, Nalini. 2020. Program Sosialisasi Strategi Pemasaran Usaha Kecil Dan Menengah ‘Pentol Kabul’ Pada Masa Krisis Pandemi Covid- 19. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), 4(2), p. 407–414.

Wibowo, Dimas Hendika., Arifin, Zainul., & Sunart. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1).

Downloads

Published

2022-05-22