PERANAN DAN STRATEGI PEMASARAN KUR MIKRO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI KABUPATEN BOJONEGORO STUDI PADA BSI KC BOJONEGORO

Authors

  • Siti Lailatul Fitriyah 12Fakultas Ilmu Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura
  • Taufiqur Rahman Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).15161

Keywords:

Strategi Pemasaran, KUR, Pendapatan Nasabah UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan dan strategi pemasaran KUR Mikro dalam meningkatkan pendapatan nasabah UMKM pada BSI KC Bojonegoro. Program ini bekerja sama dengan pihak lain, salah satunya adalah Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro, yang ikut berperan dalam pengembangan UMKM melalui program KUR Mikro ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan dan analisis data melalui data primer berupa observasi dan wawancara, serta data sekunder berupa jurnal, artikel, buku, media massa yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Miles dan Huberman. Analisis data dilakukan dengan melibatkan empat hal utama, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa peran KUR Mikro dalam meningkatkan pendapatan nasabah UMKM di Kabupaten Bojonegoro yaitu sebagai modal untuk mengembangkan usahanya dan mengakselerasi pengembangan kegiatan perekonomian di sektor riil dalam rangka penanggulangan dan pengentasan kemiskinan serta perluasan kesempatan kerja. Sementara strategi pemasaran KUR Mikro yang dilakukan oleh BSI KC Bojonegoro dalam meningkatkan pendapatan nasabah UMKM di Kabupaten Bojonegoro yaitu mengacu pada bauran pemasaran atau marketing mix yang meliputi Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), Orang (People), Proses (Process), dan Bukti Fisik (Physical Evidence).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almaida, Heny. 2022. Peran BSI KC Parepare dalam Meningkatkan Ekonomi Pelaku Usaha Mikro di Ujung Sabbang Kota Parepare. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Parepare.

Anggraini, Dewi., & Nasution, Syahrir Hakim. 2013. Peranan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pengembangan UMKM di Kota Medan (Studi Kasus Bank BRI). Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 1(3), p. 105-116.

Azis, Mansur., & Azizah, Layin Macfiani. 2022. Peran Penyaluran Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat di Bank Syariah Indonesia Terhadap Perkembangan UMKM di Kabupaten Mojokerto. Wadiah : Jurnal Perbankan Syariah, 6(2), p.160–190.

Fauziah, Nur. 2019. Pengaruh Penggunaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Pendapatan Usaha Kecil Menengah (UKM) Masyarakat Kota Banda Aceh. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Fransiska, Novia Arum. 2021. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pembiayaan Usaha Mikro pada BSI Kantor Cabang Pembantu Ngawi. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Hasan, Nurul Ichsan. 2014. Pengantar Perbankan Syariah. Referensi (GP Press Group). Jakarta.

Kotler, Phillip. 2006. Principles of Merketing. Prentice Hall. New Jersey.

Levitt, Theodore, 1980. The Marketing Mode. Mc Graw-Hill. New York.

Musta'ana. 2020. Strategi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah. JIAN-Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 4(1), p.8-13

Nasrullah., Adiba, Elfira Maya., & Diar, Talitha Rahma. 2022. Keengganan UMKM di Sekitar Wisata Religi dalam Mengambil Pembiayaan Bank Syariah: Sebuah Studi di Madura. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 9(1), p. 34-46.

Ningsih, Wanti. 2020. Strategi Marketing dalam Meningkatkan Pembiayaan Usaha Mikro (Studi Kasus di Bank BRI Syariah KCP Metro). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Intitut Agama Islam Negeri Metro.

Rahayu, Rospita. 2021. Peranan Pembiayaan BSI KUR Mikro dalam Meningkatkan Pendapatan Nasabah (Studi Terhadap Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu S. Parman 1). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Rahman, Taufiqur. 2021. Buku Ajar Fiqih Muamalah Kontemporer (I). Academia Publications. Lamongan.

Riyanto, Edi., & Triyono, Agus. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Karanganyar. Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 9(1), p. 63-77.

Rohmah, Linda Auliyaur. 2022. Analisa Strategi Pemasaran Kredit Usaha Rakyat Mikro Terhadap Nasabah UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Madiun Siswondo Parman). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Roviqoh, Devi Istiani., & Khafid, Muhammad. 2021. Profitabilitas dalam Memediasi Pengaruh Kepemilikan Institusional, Komite Audit, dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Sustainability Report. Business and Economic Analysis Journal, 1(1), p. 14–26.

Rusandi., & Rusli, Muhammad. 2021. Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), p. 48-60.

Sanjaya, Surya., & Rizky, Muhammad Fajri. 2018. Analisis Profitabilitas Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Taspen (Persero) Medan. KITABAH : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah, 1(02), p. 390–392.

Siregar, Rachmi Kurnia. 2022. Komunikasi Pemasaran Terpadu Media Siber Lokal Di Era Digital : Studi Kasus Wowbabel.Com. Perspektif Komunikasi : Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 6(2), 141-157.

Sujarweni, V. Wiratna., & Utami, Lila Retnani. 2015. Analisis Dampak Pembiayaan Dana Bergulir KUR (Kredit Usaha Rakyat) Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 22(1), p. 1-15.

Vanni, Kartika Marella. 2022. Sosialisasi Pembiayaan Bank Syariah Melalui Platform Digital. Malik Al-shalih : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), p. 66-73.

Wahid, Umaima., & Rizki, Menati Fajar. 2018. Upaya Komunikasi Pemasaran Terpadu Televisi Lokal Melalui Budaya Lokal. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), p. 160-174.

Downloads

Published

2023-11-30