PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYARIAH

Authors

  • Putri Nuraini Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Mufti Hasan Alfani Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Nurul Muyasaroh Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
  • Rabiatul Adawiyah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(1).13026

Keywords:

Literasi Keuangan Syariah, Minat, Bank Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah dan persepsi terhadap minat remaja masjid di Kota Pekanbaru dalam menggunakan produk bank syariah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 92 orang responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan software SPSS Versi 25. Pengujian hipotesis menggunakan analisis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah terhadap minat menggunakan produk bank syariah diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,362 lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 1,661 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi keuangan syariah terhadap minat. Hasil pengujian persepsi terhadap minat menggunakan produk bank syariah diperoleh nilai t-hitung sebesar 5,430 lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 1,661 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi terhadap minat. Uji F test menunjukkan literasi keuangan syariah dan persepsi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat. Berdasarkan uji koefisien adjusted R square (R2) diperoleh nilai sebesar 0,641. Hal ini berarti literasi keuangan syariah dan persepsi berpengaruh positif dan mempengaruhi sebesar 64,1% perubahan minat untuk menggunakan produk bank syariah pada remaja masjid di Kota Pekanbaru, sedangkan sisanya sebesar 35,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di ikutsertakan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albaity, Mohamed., & Rahman, Mahfuzur. 2019. The Intention To Use Islamic Banking: An Exploratory Study To Measure Islamic Financial Literacy. International Journal of Emerging Markets, 14(5), p. 988–1012.

Ali, Muhammad Arsalan., Nazim, Muhammad., Hussain, Shahid., Rehman, Jamshaid Ur., & Rehman, Saad Ur. 2021. Impact of Islamic Financial Literacy, Subjective Norms, Risk Perception and Perceived Behavioral Control on Adoption of Islamic Banking in Pakistan. Revista Gestão Inovação e Tecnologias, 11(3), p. 220–233.

Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis dengan SPSS. STAIN Salatiga press. Salatiga.

Crow, L. 1984. Psikologi Pendidikan. Terjemahan Rochman Abror. Nur Cahaya. Yogyakarta.

Giesler, Markus., & Veresiu, Ela. 2014. Creating the Responsible Consumer: Moralistic Governance Regimes and Consumer Subjectivity. Journal of Consumer Research, 41(3), p. 840–857.

Haryani., Asrida., Aziz, Iskandar., & Bariah, Chairul. 2020. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keuntungan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Pengusaha Mikro Mengunakan Produk Rahn Bank Aceh Syariah Di Kabupaten Bireuen. AT-TIJARAH: Jurnal Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(2), p. 176–186.

Imran, & Hendrawan, Bambang. 2017. Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Journal of Applied Business Administration, 1(2), p. 209–218.

Kusumadewi, Rita., Yusuf, Ayus Ahmad., & Wartoyo. 2019. Literasi Keuangan Syariah Di Kalangan Pondok Pesantren. CV Elsi Pro. Cirebon.

Muslichah, Istyakara., & Sanusi, Soliha. 2019. The Effect of Religiosity and Financial Literacy on Intention to Use Islamic Banking Products. Asian Journal of Islamic Management (AJIM), 1(2), p. 85–92.

Nuraini, Putri., & Cheumar, Mohammadtahir. 2023. An Analysis Of The Influence Of Sharia Financial Literacy On Interest In Using Sharia Bank Products. International Economic and Finance Review, 2(1), p. 92–105.

Puspitasari, Vania Evanita., Yetty, Fitri., & Nugraheni, Siwi. 2021. Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Persepsi Imbal Hasil, dan Motivasi terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah. Journal of Islamic Economic and Finance Studies, 2(2), p. 122-141.

Remund, David L. 2010. Financial Literacy Explicated: The Case for a Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy. The Journal of Consumer Affairs, 44(2), p. 276-295.

Sabarini, Sri Santoso., Liskustyawati, Hanik., Sunardi., Satyawan, Budhi., Nugroho, Djoko., Putra, Baskoro Nugroho. 2021. Persepsi dan Pengalaman Akademika Dosen Keolahragaan Mengimplementasikan E-leaning Pada Masa Pandemi Covid-19. Deepublish. Yogyakarta.

Suranto. 2019. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan dengan Program SPSS. Loka Aksara. Tangerang.

Thoha, Muhammmad. 2012. Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Zaman, Zunairi., Mehmood, Bilal., Aftab, Rashid., Siddique, Muhammad Shahid., & Ameen, Yasir. 2017. Role of Islamic Financial Literacy in the Adoption of Islamic Banking Services : An Empirical Evidence from Lahore, Pakistan. Journal of Islamic Business and Management (JIBM), 7(2), p. 230–247.

Downloads

Published

2023-07-11