STRATEGI MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT MENJADI MUZAKKI MELALUI FILANTROPI ISLAM

Authors

  • Khodijah Ishak Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Lukman Hakim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Rizki Audina Putri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Mahfud Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Dita Nur Fatila Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7948

Keywords:

SWOT, Minat Masyarakat, Muzakki, Filantropi Islam

Abstract

Strategi lembaga UPZ dalam memaksimalkan jumlah wajib zakat yang ada di Desa Bukit Kerikil dengan mayoritas penduduknya adalah Muslim. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Analsis SWOT yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, matrik SWOT dan analisis diagram SWOT. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian peneliti memfokuskan pada analisis SWOT sebagai strategi dalam peningkatan minat masyarakat untuk menjadi muzakki di UPZ Miftahul Jannah. Pelaksanaan strategi yang dilakukan untuk peningkatan wajib zakat masih dikatakan belum maksimal. Selama ini strategi yang dilakukan UPZ Miftahul Jannah hanya menggunakan sosialisasi, tanpa didorong dengan menggunakan media cetak, media sosial maupun lainnya, dan faktor penghambatnya masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk wajib zakat, dan memilih memberikan langsung kepada mustahiq dan selain itu juga dipicu pada pelayanan yang belum maksimal dan kurang terlihatnya keefektifitas kerja pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Zaenal. 2012. Manifestasi dan Latensi Lembaga Filantropi Islam dalam Praktik Pemberdayaan Masyarakat, Suatu Studi di Rumah Zakat Kota Malang. Jurnal Studi Masyarakat Islam (SALAM), 15(2), p. 197-214.

Alam, Ahmad. 2018. Permasalahan dan solusi pengelolaan zakat di Indonesia. Jurnal Manajemen, 9(12), p. 134-135.

Aminudin, Muhammad Zumar., & Hadidiningrum, Lila Pangestu. 2019. Pengelolaan ZIS Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dan Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Zakat Dan Wakaf (ZISWAF), 6(01), p. 80-100.

Ardiansyuri. 2016. Analisis Pengaruh Pengeluaran Zakat, Infak Dan Sedekah Terhadap Kesejahteraan Muzakki (Studi Pada Baznas Di Kabupaten Lombok Barat). International Journal of Social and Local Economic Governance (IJLEG), 2(1), p. 23-31.

Ayuningtyas, Rosida Dwi., & Sari, Risti Lia. 2020. Analisis Minat Muzakki Membayar Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang. AKSES : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(1), p. 45-54.

Hidayat, Andi., & Mukhlisin. 2020. Analisis Pertumbuhan Zakat Pada Aplikasi Zakat Online Dompet Dhuafa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(03), p. 675-684.

Hubeis, Musa., & Najib, Mukhamd. 2014. Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Mashuri., & Nurjannah, Dewi. 2020. Analisis SWOT Strategi Meningkatkan Daya Saing (Studi pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru). JPS : Jurnal Perbankan Syariah, 1(1), p. 97-112.

Mudrikah. 2018. Manajemen Strategi Peningkatan Minat Masyarakat Untuk Menjadi Muzakki Di LAZISMU Banyumas. Skripsi Program Studi Manajemen Dakwah Jurusan Pengembagan Masyarakat Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri. Purwokerto.

Muklisin. 2018. Strategi Pengelolaan Zakat dalam Upaya Pengembangan Usaha Produktif (Studi Kasus Pada BAZNAS Kabupaten Bungo). Jurnal Ilmiah Syariah, 17(2), p. 205-214.

Nusantara. 2010. Analisis Kesejahateraan Muzakki Berdasarkan Pengeluaran Konsumsi Sedekah (Studi di Kota Malang Provinsi Jawa Timur). Disertasi, Universitas Brawijaya.

Pertiwi, Intan Suri Mahardika., & Ghofur, Ruslan Abdul. 2020. Optimalisasi Potensi Zakat : Faktor Yang Mempengaruhi Muzzaki Membayar Zakat Di Baznas Lampung Tengah. Jurnal Niara, 13(2), p. 1-10.

Sulistyandari. 2020. Strategi Peningkatan Pertumbuhan Dana Zakat Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bengkalis. Jurnal Tabarru' : Islamic Banking and Finance, 3(2), p. 347-359.

Tamin, Imron Hadi. 2011. Peran Filantrofi dalam Pegentasan Kemiskinan Didalam Kominitas Lokal. Jurnal Sosiologi Islam, 1(1), p. 35-58.

Trianto, Budi. 2016. Riset Modeling. Adh Dhuha Institut. Pekanbaru.

Downloads

Published

2021-12-21