Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dan Penerapan Flipped Classroom dalam Hybrid Learning

https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.7770

Authors

Keywords:

media sosial, flipped classroom, pembelajaran campuran, pengabdian masyarakat

Abstract

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu guru sekolah beradaptasi dengan teknologi dalam pembelajaran selama kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di SMPIT Laa Tahzan Citra, Tangerang selama pandemi COVID-19. Sekolah tersebut mulai melakukan pembelajaran campuran (hybrid) dengan tiga hari di sekolah, dua hari di rumah. Perubahan dari pembelajaran tatap muka ke daring lalu ke campuran telah membuat para guru harus cepat beradaptasi dengan teknologi pembelajaran yang tepat. Mereka masih kesulitan menggunakan media pembelajaran yang efisien, efektif dna interaktif terutama dalam pembelajaran campuran antara tatap muka dan tatap maya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada awal september 2021 dengan fokus pada peningkatan kompetensi pedagogik guru terutama dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran. Sekitar 10 guru dilatih untuk memilih konten materi, metode dan media pembelajaran digital untuk pembelajaran hybrid. Pelatihan tersebut meliputi pemanfaatan media sosial untuk pembelajaran dan pengenalan flipped classroom dalam pembelajaran hybrid. Hasilnya, guru memiliki berbagai alternatif sumber belajar dan media belajar dengan menggunakan media sosial dan disampaikan dengan strategi flipped classroom. Kegiatan ini berjalan lancar dan guru-guru sangat antusias untuk menerapkan keterampilan tersebut dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah selama pembelajaran campuran (hybrid learning).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip your classroom : reach every student in every class every day. International Society for Technology in Education.
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Fikri, M. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.00
Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. JOURNAL INDUSTRIAL ENGINEERING & MANAGEMENT RESEARCH ( JIEMAR), 1(2), 15–23. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2
Kemp, S. (2021). Digital 2021: July Global Statshot. Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2021-july-global-statshot
Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827
Mahnun, N. (2012). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.
Pratiwi, B. ;, & Hapsari, K. P. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282–289.
Saragih, E. M., & Ansi, R. Y. (2020). Sinergi Hasil Penelitian Dalam Menghasilkan Inovasi Di Era Revolusi 4.0. Posiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan Ke - 4, 207–212.
Sari, L. (2020). Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan dengan Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074–1084.
Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. In Jurnal of Science and Social Research (Vol. 3, Issue 1). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR
Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100–110. http://journals.usm.ac.id/index.php/jreb
Veygid, A., Aziz, S. M., & S.R, W. S. (2020). Analisis Fitur dalam Aplikasi Instagram Sebagai Media Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 39–48. https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/article/view/5

Published

2021-12-20

How to Cite

Sri Lestari. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dan Penerapan Flipped Classroom dalam Hybrid Learning. Community Education Engagement Journal, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.7770

Issue

Section

Articles