Pengaruh Sales Promotion, Personal Selling dan Advertising terhadap Keputusan Pembelian Produk Buku Terbitan CV. As Salam di Kota Pekanbaru

Authors

  • Rival Victoria Putra Universitas Riau
  • Machasin Universitas Riau
  • Syakdanur Nas Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(1).7408

Keywords:

sales promotion, personal selling, advertising, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sales Promotion, Personal selling dan Advertising terhadap keputusan pembelian Buku dan untuk mengetahui pengaruh Sales Promotion, Personal Selling dan Advertising secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi dan sampel adalah konsumen yang membeli buku di CV As Salam wilayah Pekanbaru tahun 2019 sebanyak 99 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan sales promotion, personal dan advertising secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa sales promotion, personal selling dan advertising dapaat menentukan tingkat keputusan pembelian konsumen.

This study aims to determine the effect of sales promotion, personal selling, and advertising on book purchasing decisions and to determine the effect of sales promotion, Personal Selling, and Advertising together on consumer purchasing decisions. In this study, the population and sample were consumers who bought books at CV As Salam Pekanbaru area in 2019 as many as 99 people. The data analysis technique used in this study was multiple linear regression. The results showed that sales promotion, personal and advertising partially or simultaneously affect purchasing decisions. This shows that sales promotion, personal selling, and advertising can determine the level of consumer purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari, 2010. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Keenam, Alfabeta: Bandung.
Ayu Afrillya Asmoro. 2011. Pengaruh Variabel - Variabel Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Dealer Suzuki Sentral Motor Surabaya Di Jl. Kedungdoro 80). E- Journal UPN "Veteran" Jatim. E-Jurnal Manajemen Vol. 2, No. 5, 2011.
Darmadi Durianto, 2013, Manajemen Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.
Dasuki. Suryana, Popo dan E. S. 2013. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Implikasinya pada Minat Beli Ulang”. Trikonomika Vol. 12 No. 2 Hal. 190–200, Desember 2013
Doresa, Sela Esa. 2016. Pengaruh personal selling dan Sales Promoton Terhadap Keputusan Pembelian Di Butik Mezora Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis E-ISSN: 2407-5523
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivirate Dengan Program SPSS (Edisi 8: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendri Wahyudi. 2012. Pengaruh Bauran Promosi Pada Keputusan Pembelian Konsumen Mobil Toyota Auto 2000 Cabang Padang. Journal Economics, 2012
Hermawan. Agus, 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Iyad A. Khanfar. 2016. The Effect Of Promotion Mix Elements On Consumers Buying Decisions Of Mobile Service: The Case Of Umniah Telecommunication Company At Zarqa City- Jordan. Journal Economics.
Ketut Desak Kusmayani, Yunita, Jukhri, Anzuman. Dan Indrayani, Luh. 2014. Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame di Queneno Group Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Nomor 1 Volume 4
Kosim. Steffy Andreani. 2019. Pengaruh Personal Selling Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Pada Konsumen. Jurnal Representamen Vol 5 No. 02 Oktober 2019
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2012, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi V, jilid 2, Intermedia, Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2009. Principles of Marketing, Seventeenth Edition, Pearson Education Limited, United Kingdom.
Kotler, Philip dan Lane Keller. 2014. A Framework of Marketing Management, Sixth Edition, Pearson Education Limited, England
Maria Gusti Indah. 2014. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario Techno Melalui Lembaga Pembiayaan Pt. Adira Finance Surabaya. Journal Economics.
Nangoy, Christohn Louse. 2018. The Effect Of Advertising And Sales Promotion On Consumer Buying Decision Of Indovision Tv Cable Provider. Jurnal EMBA Vol.6 No.3 Juli 2018, Hal. 1228 – 1237.
Ningsih,Yola Putri. 2017. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Accu Yuasa Yang Dipromosikan Distributor PT Riau Indotama Abadi Di Batam. Journal of Business Administration Vol 1, No.1, Maret 2017, hlm.10-18.
Nour. 2014. Mahmud I. The Impact Of Promotional Mix Elements On Consumers Purchasing Decisions. Journal Economics.
Nugroho. Setiadi J. 2010. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada. Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta
Paul Peter, J. & Olson Jerry C.. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi Kesembilan, , Alih Bahasa : Diah Tantri Dwiandani, (2014), Salemba Empat, Jakarta.
Prasetyo, S. H., & Suseno, Y. (2015). Pengaruh Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Android Dengan Word Of Mouth Positif Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol.15 Hal : 159- 166
Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung : CV. Pustaka Setia
Prakarsa, 2017. Personal selling, sales promotion, dan public Relation terhadap keputusan pembelian di Sodakocha. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1,Nomor 6, Februari 2017
Ramadoni, Wahyu. 2020. Pengaruh Promosi Ovo Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Pada Pengguna Ovo. Jurnal Ecopreneur Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Volume 3, No. 1 Tahun 2020, ISSN: 2614-3968.
Ridwan, Engkos dan Achmad Kuncoro, 2016. Análisis jalur (Path Análisis), Edisi kedua, Penerbit Alfabeta, Bandung
Sandy, Febryan. 2014. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. (Survei pada Mahasiswa Jurusan Bisnis Angkatan 2010-2012 Fakultas Ilmu Administrasi Pengguna Indosat di Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol. 9 No. 2 April 2014.
Schiffman dan Kanuk. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. INDEK.
Schiffman, L.G dan Kanuk, Lesley L, 2011. Consumer Behavior, New Jersey: Perason: Yogyakarta.
Shimp, A. Terence. 2013. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan. Promosi. Salemba Empat. Jakarta.
Sihaloho, Sri Hartini. 2016. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Carrefour Citra Garden Medan. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Volume 2 Nomor 2 Nopember 2016
Simamora, Bilson, 2012. Panduan riset perilaku konsumen, Jakarta : Gramedia.
Sofyan, Sofyan. 2017. Pengaruh Periklanan, Sales Promotion, Personal Selling Dan Publicity Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal SMART, Vol. I No 1 : 48-52, 2017.
Solomon, Michael. R. (2011). Consumer Behaviour: Buying, Having and Being. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhandang, Kusnadi. 2010. Periklanan Manajemen, Kiat Dan Strategi. Jakarta: Nuansa
Sukamto, Arda Norochim, 2019. The Influence Of Advertising And Sales Promotion Toward Consumers Purchase Decision (Survey On Brawijaya University Under-Graduate Student As Nescafe Consumer). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 74 No. 1 September 2019.
Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana. 2010. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy 2015. Strategi Pemasaran, Edisi ke dua, Penerbit : Andi.
Wahyudi Utomo. Sudarno, Yuliana dan Supri. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Iklan terhadap Keputusan Pembelian pada Dealer MPM Motor Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Vol. 3 No. 1.
Wicaksono, Satria Adhi. 2015. Pengaruh Merek Dan Desain Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Konsumen Sepeda Motor Honda CS One pada Dealer 54 Motor Pekalongan). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol.10 Hal : 129- 140.
Windusara. 2015. Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan Pembelian oppo smartphone. E-Jurnal Manajemen. Vol. 2, No. 9, 2015.

Downloads

Published

2021-07-26

Issue

Section

Articles