Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Non-Muslim Memilih Studi di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau

Authors

  • Jelita Wahyuni Lubis Universitas Islam Riau
  • Asril Asril Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(2).8280

Keywords:

Bauran Pemasaran Jasa, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan mahasiswa Non-Muslim memilih studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Riau Kota Pekanbaru. Sampel penelitian ini berjumlah 71 responden dengan metode pengambilan sampel Accidental sampling . Metode Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif dengan alat analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa ( Product, price, place, promotion, process, physical evidence, dan people) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Riau Kota pekanbaru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa Non-Musllim.

This study aims to determine and analyze the effect of the service marketing mix on the decision of non-Muslim students to choose to study at the Faculty of Economics and Business, Riau Islamic University, Pekanbaru City. The sample of this research is 71 respondents using the Accidental sampling method. Methods The data analysis was carried out descriptively and quantitatively by means of multiple linear regression analysis. The results showed that the service marketing mix (product, price, place, promotion, process, physical evidence, and people) at the Faculty of Economics and Business, Riau Islamic University, Pekanbaru City had a positive and significant influence on the decisions of Non- Muslim students.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Asril Asril, Universitas Islam Riau

Agus Irawan. 2014 Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih Program Studi (Studi Pada Jurusan Akuntansi Dan Jurusan Administrasi Bisnis Di Politeknik Negeri Banjarmasin).

Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Rulam. 2015. Pengantar Pendidikan: Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Angipora. Marius P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Kedua . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Atmosudirdjo, S Pramudji. 1982. Beberapa Pandangan Umum Tentang Pengambilan Keputusan (Decision Making). Jakarta : Ghalia Indonesia.

Alma Buchari & Hurriyati, Ratih. 2008. Manajemen Corporate dan strategi pemasaran jasa pendidikan focus pada Mutu Dan layanan prima. Bandung: alfabeta.

Habibah Muhtamah Nur. 2017. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (Fitk) Uin Sunan Kalijaga.Yogyakarta.

Hadi Kurnianto. 2016. Pengambilan Keputusan Mahasiswa Non Muslim Untuk Studi Di Perguruan Tinggi Islam Universitas Muhammadiyah.Surakarta.

Kurniawati, Dyah. 2011. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Kotler, Philip, Dan Gery Armstrong. 1999. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 4, Cv Intermedia: Jakarta.

Kotler, Philip.2001, A R Framework, For Marketing Management, Prentice Hall Upper Sadle River New Jersey.

Kotler, Philip, Dan Gery Armstrong..2003. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 6, Cv Intermedia: Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa.Edisi Satu. Salemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat Dan A Hamdani. 2006 . Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Dua. Salemba Empat. Jakarta.

131

Lupiyoadi, Rambat dan a.Hamdani.2006 Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarata.

Philip Kotler. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Rizqi „Amaliya, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Menempuh Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Fe Uny. 2018

Sanusi,Anwar. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis, Salamba Empat, Jakarata.

Sofjan Assauri. 2012. Strategic Marketing, Rajawali Pers, Jakarta.

Swastha DH, Basu Dan Hani Handoko. 1997. Manajemen pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Liberty.

Swastha DH, Basu Dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LibertySiti Hajar, Made Susilawati, D P E Nilakusmawati. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Rumah Kost, Jurusan Matematika, Fakultas Mipa, Universitas Udayana, Malang.Tjiptono, Fandi.2000. Manajemen Jasa.Penerbit Andi, Yogyakarta. Tjiptono, Fandi. 2004. Manajemen jasa. Penerbit Andi, Yogyakarta. Tjiptono, Fandi.2014. Pemasaran Jasa. Penerbit Andi, Yogyakarta.Yazid,Yud Padmono. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memiliih Kuliah Di Diploma Tiga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya.Zahbiadina,Latifah. 2016. Analisis Keputusan Mahasiswa Menempuh Pendidikan Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri, Yogyakarta.Zethaml, A, Valerie and Marry Jo Bitner, 2000, “ Service Marketing†Mc Graw Hill,New Jersey.

References

Agus Irawan. 2014 Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih Program Studi (Studi Pada Jurusan Akuntansi Dan Jurusan Administrasi Bisnis Di Politeknik Negeri Banjarmasin).

Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Rulam. 2015. Pengantar Pendidikan: Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Angipora. Marius P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Kedua . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Atmosudirdjo, S Pramudji. 1982. Beberapa Pandangan Umum Tentang Pengambilan Keputusan (Decision Making). Jakarta : Ghalia Indonesia.

Alma Buchari & Hurriyati, Ratih. 2008. Manajemen Corporate dan strategi pemasaran jasa pendidikan focus pada Mutu Dan layanan prima. Bandung: alfabeta.

Habibah Muhtamah Nur. 2017. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (Fitk) Uin Sunan Kalijaga.Yogyakarta.

Hadi Kurnianto. 2016. Pengambilan Keputusan Mahasiswa Non Muslim Untuk Studi Di Perguruan Tinggi Islam Universitas Muhammadiyah.Surakarta.

Kurniawati, Dyah. 2011. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Kotler, Philip, Dan Gery Armstrong. 1999. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 4, Cv Intermedia: Jakarta.

Kotler,Philip.2001, A R Framework, For Marketing Management, Prentice Hall Upper Sadle River New Jersey.

Kotler, Philip, Dan Gery Armstrong..2003. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 6, Cv Intermedia: Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa.Edisi Satu. Salemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat Dan A Hamdani. 2006 . Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Dua. Salemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan a.Hamdani.2006 Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarata.

Philip Kotler. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Rizqi „Amaliya, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Menempuh Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Fe Uny. 2018

Sanusi,Anwar. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis, Salamba Empat, Jakarata.

Sofjan Assauri. 2012. Strategic Marketing, Rajawali Pers, Jakarta.

Swastha DH, Basu Dan Hani Handoko. 1997. Manajemen pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Liberty.

Swastha DH, Basu Dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Siti Hajar, Made Susilawati, D P E Nilakusmawati. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Rumah Kost, Jurusan Matematika, Fakultas Mipa, Universitas Udayana, Malang.

Tjiptono, Fandi.2000. Manajemen Jasa.Penerbit Andi, Yogyakarta. Tjiptono, Fandi. 2004. Manajemen jasa. Penerbit Andi, Yogyakarta. Tjiptono, Fandi.2014. Pemasaran Jasa. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Yazid,Yud Padmono. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memiliih Kuliah Di Diploma Tiga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya.

Zahbiadina,Latifah. 2016. Analisis Keputusan Mahasiswa Menempuh Pendidikan Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri, Yogyakarta.

Zethaml,A, Valerie and Marry Jo Bitner, 2000, “ Service Marketing” Mc Graw Hill,New Jersey.

Downloads

Published

2021-12-06