Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Universitas Islam Riau Sebagai Tempat Belajar

Authors

  • Syahdanur Amirsyah Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau
  • Nicky Cholila Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2017.vol28(2).2899

Keywords:

keputusan mahasiswa, faktor yang mempengaruhi mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh factor akreditasi, physical evidence, aktifitas mahasiswa, reputasi, referensi, lokasi dan alumni dalam memilih Universitas Islam Riau sebagai Tempat Belajar. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan menggunakan IBM SPSS 20.0 sebagai alat analisis penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan uji F-statistikdan uji t-statistik dengan level of significance 5%. Dari hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa akreditasi, lokasi, alumni, physical evidence, referensi, reputasiaktivitas mahasiswa berpengaruh secara simultan tehadap keputusan mahasiswa. Secara parsial bahwa variable akreditasi, lokasi, phisycal evidence, reputasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa sedangkan variabel alumni, referensi, dan aktivitas mahasiswa tidak berpengaruh signnifikan terhadap keputusan pembelian. Kemampuan prediksi ke-7 (tujuh) variable tersebut terhadap keputusan mahasiswa sebesar 0,766% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya Adjusted R square sebesar 76,6% sedangkan sisanya 23,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artini, Dewa dkk. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) Sebagai Tempat Kuliah.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Medya Duta.
Harahap, Novita. 2004. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Menempuh Pendidikan Pada Politeknik LP3I Medan.Tesis Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran jilid I. Edisi kesembilan,prentince-Hall.Inc. New Jersey.
Meilyaningsih, Eliza. 2014. Analisis Faktor Pengambilan Keputusan Mendaftar di Institusi Pendidikan Tinggi Swasta.
Nelwan, Olivia dkk.2012. Analisis Faktor-faktor yang menentukan mahasiswa memilih Fakultas Ekonomi UNSRAT.
Sangadji, Etta dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi Offset.
Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen. Edisi revisi. Jakarta: Prenada Media.
Sunarto, Kamanto. 2011. Buku 1 Naskah Akademik Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi. Jakarta: BAN-PT
Sunyoto, Danang. 2014. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Center of academic publishing service.
Sutisna.2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi kedua.Cetakan keenam. Yogyakarta: Andi Offset.
Wan Suryani, 2012.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara Al Munawaroh Medan.
Zuhriyah.2009. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Oleh Calon Mahasiswa Di Kodya Surakarta.

Downloads

Published

2017-12-30