Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pernjualan Mobil Sedan di Indonesia dan Memprediksi Penerimaan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) Kendaraan Mobil Periode 2013-2017

  • Audrey Alviona Ribuna Kaban Universitas Trisakti
  • Sri Yani Kusumastuti Universitas Trisakti

Abstract

This study aims to examine the effect of previously sales, price of the goods, and price of subtitute goods to sales of sedan car. Independent variables used in this study previously sales, price of the goods, and price of subtitute goods, and prediction of sales tax on luxury goods. Shile the dependent variable in thisstudy was measured using sales of sedan cars the measured of the car unit is succesfully sold every year during in the period 2013-2017. The population in this study amounted to 24 sedan’s companies list on Combined Motor Vehicle Industry (GAIKINDO) during 2013 until 2017. Determination of the sample using purpossive sampling method and obtained a sample of 5 sedan’s companies based on certain criteria. The analysis tool used in the panel and the selected model is fixed effect model. The result show that previous sales has  positively effect on the sales of sedan car, price of the goods has positive effect on the sales of sedan car. Meanwhile price of subtitute goods has negative effect on the sales of sedan car.

References

Ajija, S. R., 2011. Cara Cerdas Menguasai Eviews. Jakarta: Salemba Empat.
Alhasani, A. & Ogi, I., 2014. Pengaruh Iklan dan Harga Terhadap Penjualan Mobil Toyota Avanza pada PT Hajrat Abadi Manado Tahun 2008-2013. Jurnal EMBA Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Ratulangi Manado, 2(2), 1021-1031
Bandrang, T. N., 2015. Analisis Permintaan Telur Ayam Ras di Kalimantan Tengah. Jurnal Mimbar Agribisnis, 1(1), 55-63
Basuki, A. T. &. P. N., 2016. Dalam: Analisis Regrei Dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS & EVIEWA. depok: PT Rajagrafindo Persada.
Benaino, C. A., Tampy, J. R. & Tumbel, T. M., 2017. Pengaruh Harga Terhadap Upaya Peningkatan Penjualan Mobil Xenia Pada PT Astra Daihatsu Tbk Cabang Malalayang Manado Tahun 2014-2016. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(3), 1-9
Budiarto, A. & Purwanti, E. Y., 2013. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Sepeda Motor Di Semarang Tahun 2013. Diponegoro Journal of Economics, 2(3), 1-11
Daniel, G., 2004. Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dirgantoro, D. P., www.otodriver.com/article/view/ daftar-harga-toyota-terbaru-agustus-2016/. [Diakses Agustus 2016].
Djojormartono, M., 2009. Bahan Kuliah Dasar-Dasar Analisis Sistem Dinamik (tidak dipublikasikan). Bogor: Pogram Pascasarjana, Intititut Pertanian Bogor.
Ghozali, I., 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanafi, F. I., Haris, E. & Rochaeni, S., 2014. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Tempe di Jurangmangu Timur Tahun 2013. Jurnal Agribisnis, 8(1), 45-58
Ida, M. B., 2009. Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Ilyas, M. I. F., 2015. Pengaruh Harga, Promosi dan Cabang/Perwakilan Terhadap Peningkatan Penjualan Mobil Toyota Avanza di PT Hadji Kalla, Cabang Allaudin Makassar Tahun 2010-2014. AKMEN Jurnal Ilmiah, 13(2).
Karlinger, 2006. Asas-asas Penelitian Behaviour. 3 penyunt. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kasmir, 2012. Kewirausahaan. Cetakan ke 7 penyunt. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurniawan, B. A. & Arianti, F., 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Mobil Toyota Kijang Inova di Kota Semarang Tahun 2007-2009. Diponegoro Journal of Economics, 2(1), 1-6
Laely, Z., Prastiwi, W. D. & Setiyawan, H., 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Beras di Kabupaten Kudus Jawa Tengah. SPS UNDIP.
Mankiw, G. N., 2000. Buku Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: Erlangga.
Mankiw, N. G., 2000. Teori Makro Ekonomi. Edisi Ke Empat penyunt. Jakarta: Erlangga.
Martha, R. &., www.katadata.co.id/berita/2018/02/09/ sedan-tak-selalu-mewah-ppnbm-untuk-mobil-disarankan-berdasarkan-harga.
[Diakses september 2018].
Moekijat, 2000. Kamus Istilah Ekonomi. Bandung: Mandar Maju, Munawir.
Porter, M., 1986. www.kompasiana.com.[Diakses juni 2015].
Pracoyo, Antyo, & Pracoyo, T.K,. 2006. Aspek Dasar Ekonomi Mikro. Jakarta: PT Grasindo.
Rusdi, M. D. & Suparta, M., 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Daging Sapi si Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 283-300
Sistaningrum, E., 2002. Manajemen Penjualan Produk. Yogyakarta: Kanisius.
Sitorus, S. A., Hasyim, H. & Jufri, M., 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Telur Ayam Ras di Pasar Petisah Medan Tahun 2010-2014. Journal Of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics, 4(10).
Sugianto, D., t.thn. www.finance.detik.com/industri/d-3818238/penjualan-mobil-sedan-sepanjang-2017-paling-anjlok-ini-penyebabnya/. [Online]
[Diakses selasa januari 2018].
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirno, S., 2000. Makro Ekonomi Modern. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.
Sukirno, S., 2010. Teori Pengantar Makroekonomi. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.
Swastha, B. & I., 2005. Asas-asas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009 Nomor 5 Tentang Penjualan Atas Barang Mewah
Widarjono, A., 2009. Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Ekonisia FE UII.
www.bmw.co.id/en/integration/pricelist/ [Diakses Februari 2019].
www.bps.go.id/staticable/2009/06/15/907/indeks-harga-konsumen-dan-inflasi-bulnan-indonesia-2005-2019.html. [Diakses Februari 2019].
www.daihatsu.co.id/price-list.
www.gaikindo.or.id/indonesian-automobile-industry-data/.
www.gaikindo.or.id/penjualan-sedan-di-indonesia-kritis-angka-terendang-terjadi-pada-2016/. [Diakses 2016].
www.hondaglobal.com/pricelist.
www.kbbi.web.id/penjualan.
www.mitsubishiberlian.com/price-list/
www.mobiltoyotaauto2000.com/daftar-harga-toyota/. [Diakses 2017].
www.nissanjkt.com/2013/08/price-list-nissan-agustus-2013/ [Diakses Agustus 2013].
www.otosia.com/berita/inilah-harga-resmi-chervolet-s[in. [Diakses Februari 2013].
www.price.hyundaimobil.co.id/.
www.pricelistsuzuki.com/pricelist-suzuki-2016-terbaru/. [Diakses Januari 2016].
www.sbm.binus.ac.id/2017/09/05/sistem-dinamis-i/ [Diakses September 2017].
www.toyotajakarta.com/2014/01/daftar-harga-mobil-toyota-di-jakarta/[Diakses Januari 2014].
www.toyotajakarta.com/price-list-toyota/. [Diakses 2013].
www.tribunnews.com/otomotif/2013/08/27/ini-dia-daftar-komplet-kenaikan-harga-mobil-mazda/[Diakses selasa 27 agustus 2013].
Published
2019-09-29
How to Cite
KABAN, Audrey Alviona Ribuna; KUSUMASTUTI, Sri Yani. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pernjualan Mobil Sedan di Indonesia dan Memprediksi Penerimaan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) Kendaraan Mobil Periode 2013-2017. Jurnal Ekonomi KIAT, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 44-53, sep. 2019. ISSN 2597-7393. Available at: <https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/3880>. Date accessed: 28 mar. 2020. doi: https://doi.org/10.25299/kiat.2019.vol30(1).3880.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.