Keputusan Konsumen Memilih Kredit Usaha Mikro Pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk Cabang Pangkalan Kerinci

Authors

  • Detri Karya Universitas Islam Riau
  • Syugianto Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(1).7676

Keywords:

bauran pemasaran jasa, keputusan konsumen, kredit usaha mikro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan bauran pemasaran jasa dan keputusan konsumen memilih kredit usaha mikro pada PT. BTPN, Tbk Cabang Pangkalan Kerinci serta menganalisis dan menjelaskan pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen memilih kredit usaha mikro pada PT. BTPN, Tbk Cabang Pangkalan Kerinci. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah kredit usaha mikro pada PT. BTPN, Tbk Cabang Pangkalan Kerinci. Teknik sampling yang digunakan Non- probability Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah dengan metode deskriptif. Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan konsumen memilih kredit usaha mikro pada PT. BTPN, Tbk Cabang Pangkalan Kerinci digunakan anilisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara bauran pemasaran jasa (variabel independen) dengan keputusan konsumen (variabel dependen) mempunyai tingkat hubungan yang kuat. Bauran pemasaran jasa memberikan sumbangan pengaruh yang cukup besar terhadap keputusan konsumen dalam memilih kredit usaha mikro pada PT. BTPN, Tbk Cabang Pangkalan Kerinci.

This study aims to analyze and explain the marketing mix of services and consumer decisions to choose micro credit at PT. BTPN, Tbk Pangkalan Kerinci Branch and analyze and explain the influence of the service marketing mix on consumer decisions to choose micro credit at PT. BTPN, Tbk Pangkalan Kerinci Branch. The population in this study were micro business credit customers at PT. BTPN, Tbk Pangkalan Kerinci Branch. The sampling technique used is Non-Probability Sampling. Data was collected by observation, questionnaires and interviews. The data analysis used is descriptive method. The influence of the service marketing mix on consumer decisions to choose micro credit at PT. BTPN, Tbk Pangkalan Kerinci Branch used statistical analysis. The results showed that the relationship between the service marketing mix (independent variable) and consumer decisions (dependent variable) had a strong relationship. The service marketing mix contributes significantly to consumer decisions in choosing micro-credit at PT. BTPN, Tbk Pangkalan Kerinci Branch.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Kurnia Putra, Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih Kredit Konsumtif Pada Bank Jambi Kota Sungai Penuh, Program Pasca Sarjana Universitas Bung Hatta, 2015.

Aditya Sakti Nuryanto, Skripsi, Pengaruh Bauran Pemasarandan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Kredit di Bank Prekreditan Rakyat Kartadhani Mulya, Kartasura, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

Afiff, Faisal, Strategi Pemasaran. Penerbit Angkasa, Bandung, 2003.

Alma, Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung, 2004.

Budi, Agung Permana, Manajemen Marketing Perhotelan, Edisi I, Andi, Yogyakarta, 2013.

Ferrinadewi dan Darmawan, Manajemen Pemasaran Jasa, 2004.

Hamim, Sufian, dan Indra Muchlis Adnan, Administrasi, Organisasi dan Manajemen: Suatu Ilmu, Teori, Konsep dan Aplikasi. ISBN. Pekanbaru, 2005.

Hurriyati, Ratih. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta, Bandung, 2005.

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (Edisi Revisi). PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta, 2008.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran: edisi millennium . PT. Indeks, Jakarta, 2000.

Kotler, Philip, dan Armstrong, Garry, Dasar-Dasar Pemasaran, PT. Prehalindo, Jakarta, 2001.

Lamb, Hair, Mc. Daniel, Manajemen Pemasaran, Jilid Satu dan Dua. Alih Bahasa Oleh David Octarevia, Salemba Empat Jakarta, 2001.

Priyatno, Duwi, 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Andi, Yogyakarta, 2009.

Riduwan, Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta, Bandung, 2009. Schiffman, Leon G., dan Leslie Lazar Kanuk. Consumer Behavior, 8th Edition.

Prentice Hall, New Jersey, 2004.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung, 1998.

Sunyoto, Danang, Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Media Pressindo, Yogyakarta, 2009.

Swastha, Basu, Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern, Liberty, Yogyakarta, 2000.

Swastha, Basu dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta, 2000.

Tjiptono, Fandy, Brand Management and Strategy, ANDI, Yogyakarta, 2005. Umar, Husein, Metode Riset Bisnis. Gramedia. Jakarta, 2002.

Yoeti, H. Oka A. Strategi Pemasaran Hotel. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.

Zulkifli, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. UIR Press, Pekanbaru, 2005.

Undang-Undang Nomor 10 tahun 1998 tentang Perubahan Undang-undang Nomor 7 tahun 1992 tentang Perbankan.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles