Analisis Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Pembelian Berulang dengan Harga sebagai Variabel Moderasi pada Maskapai Penerbangan Rute Pekanbaru Jakarta

Authors

  • Dedi Syahputra Universitas Riau
  • Alvi Furwanti Alwie Universitas Riau
  • Raden Lestari Garnasih Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2019.vol30(2).5162

Keywords:

Citra Merek, Harga, Kualitas Layanan, Pembelian Berulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui pengaruh langsung dari Analisis Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Pembelian Berulang dengan Harga sebagai variabel Moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penumpang maskapai di rute Pekanbaru–Jakarta yang telah melakukan pembelian berulang pada maskapai yang sama menggunakan Moderated Regression Analysis. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling menggunakan metode purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang membatasi karakteristik spesifik seseorang yang memberikan informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas layanan dan citra merek memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pembelian berulang pada maskapai. Harga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kualitas layanan yang dapat meningkatkan keinginan konsumen untuk melakukan pembelian berulang. Harga memiliki efek positif tetapi tidak signifikan pada citra merek yang dapat meningkatkan keinginan konsumen untuk melakukan pembelian berulang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Herman. 2013. “Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg dalam Meningkatkan Citra Perusahaan”. Jurnal Dosen STIE Dharma Iswara. Madiun.
Aryani, Dwi dan Rosinta, Febrina. 2010. “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Minat Beli”. Jakarta: Universitas Indonesia.
Assaidi, Bachtiar. 2008. “Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dengan pembelian berulang Maskapai Penerbangan Lion Air”. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Atmaja, Ni Putu Cempaka Dharmadewi. 2011. “Pengaruh Kewajaran Harga, Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Jasa Penerbangan Domestik Garuda Indonesia Di Denpasar”. Bali: Universitas Udayana.
Indarti, Sri, dan Ardiles, Pardede, 2013. “Pengaruh Budaya Perusahaan Dan Locus Of Control Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan Pada Pt Bank Riau Kepri Cabang Utama Pekanbaru”. Pekanbaru: Universitas Riau.
Keller. 2007. “Unleashing the Power of Word of Mouth: Creating Brand Advocacy to Drive Grth”. Additional Learning from the Journal of Advertising Research.
Kim, Duck Hyun, dkk. 2006. “The Influence of Service Quality Factors on Customer Satisfaction and Repurchase Intention in the Korean Professional Basketball League”. Arkansas State University, Kyung Hee University: USA and Korea
Kotler, dan Keller. 2006. “Manajemen Pemasaran Jilid II” . Edisi Kedua belas. Jakarta: PT Indeks Gramedia.
Parasuraman, A, Zeihmal, V.A, dan Berry, L.L. 1998. “SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perpections of quality”. Jurnal of Retailing.
Rangkuti. 2003. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Penerbangan PT. Garuda Indonesia Airlines”. Manullang, Jurnal Manajemen.
Rinanda, Novita. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan”. Salatiga: Universitas Kristen SatyaWacana.
Tjiptono, Fandy. 2014. “Service Management: Mewujudkan Layanan Prima”. Yogyakarta: Andi.
Utari, Woro. 2010. “Model Kepuasan Pelanggan sebagai Moderating Variabel Guna Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Maskapai Penerbangan”. Surabaya: Fakultas Ekonomi Universitas Wijaya Putra.
Wijayanto, Gatot. Ali, Mohd Anuar Khairul dan Saludin, Nasir Mohamad. 2012. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Kartu Kredit Terhadap Citra (Image) Bank Mandiri Cabang Utama Pekanbaru”. Pekanbaru: Universitas Riau.

Downloads

Published

2020-06-20