PENGARUH STRATEGI PEMASARAN SYARIAH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO HERBAL AZ-ZAHRA KOTA DUMAI

Authors

  • Hayu Andira Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Islam Riau
  • Eva Sundari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7421

Keywords:

Strategi Pemasaran Syariah, Kepuasan Pelanggan, Toko Herbal Az Zahra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi pemasaran syariah terhadap kepuasan pelanggan pada toko herbal Az-zahra kota Dumai. Sampel penelitian berjumlah 86 responden dan metode pengambilan sampel accidental non random sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif dengan alat analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran syariah pada toko herbal Az-zahra memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil pengujian hipotesis secara simultan diperoleh bahwa strategi pemasaran syariah (X) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada toko herbal az-zahra kota Dumai (Y) dilihat dari nilai Adjusted R Square 0,677. Sehingga hipotesis strategi pemasaran syariah terhadap kepuasan pelanggan pada toko herbal Az-Zahra kota Dumai menyatakan setuju atau diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Arif, M. 2012. Dasar – dasar Pemasaran Bank Syariah. Alfabeta. Bandung.

Alma dan Donni. 2014. Strategi Bisnis. Mizan Pustaka. Bandung.

Assauri, Sofjan. 2017. Manajemen Pemasaran. Rajawali Press. Jakarta.

Herdiana, Nana. 2013, Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. Pustaka Setia. Bandung.

Kertajaya, Hermawan dan Syakir Sula, Muhammad. 2006. Syariah Marketing. Mizan Utama. Bandung.

Mayasari, Mamay., Nawawi, Kholil H., dan Lisnawati, Santi. 2019. Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan Pelanggan Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) Bogor. Al Amwal, 2(01), p. 65-77.

Nuralam, Inggang. 2017. Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen dalam Pemasaran Perbankan Syariah. UB Press. Malang.

Qardhawi, Yusuf. 1997. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Gema Insani Press. Jakarta.

Rahmawati, Anita. 2011. Ekonomi Mikro Islam. Nora Media Enterprise. Kudus.

Sujarweni, V. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Pustakabaru Press. Yogyakarta.

Sumarwan, Ujang. 2011. Prilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. PT. Ghalia. Jakarta.

Sunyoto, Danang. 2015. Strategi Pemasaran. Center for Academic Publishing Center. Yogyakarta.

Yuniarti, Vienna. 2015. Prilaku Konsumen Teori dan Praktek. Pustaka Setia. Bandung.

Zainal, Viethzal Rivai., Djailani, Firdaus., Basalamah, Salim., Yusran, Husna Laela., & Veithzal, Andria Permata., Sari, Yanita Nur Indah. 2017. Islamic Marketing Management. Bumi Aksara. Jakarta.

Downloads

Published

2021-08-31