PENGARUH PERSPEKTIF MAHASISWA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KUALITAS LAYANAN JASA BANK SYARIAH DI KOTA BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(2).19000Keywords:
Perspektif Mahasiswa, Brand Image, Kualitas Layanan Jasa, Bank SyariahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perspektif mahasiswa dan brand image terhadap kualitas layanan jasa bank syariah di Kota Banjarmasin. Penelitian dilakukan menggunakan metode survei dengan 80 responden mahasiswa yang menggunakan beberapa merek bank syariah, seperti Bank Syariah Indonesia (BSI), BRI Syariah, Bank Kalsel Syariah, Bank BTN Syariah, Bank Mega Syariah, CIMB Niaga Syariah, dan PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Barkah Gemadana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSI merupakan bank syariah yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa (53,75%), diikuti oleh Bank Kalsel Syariah dan Bank BTN Syariah (masing-masing 15%), Bank Mega Syariah (13,75%), serta CIMB Niaga Syariah (2,5%). Tidak ada responden yang menggunakan PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Barkah Gemadana. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa data memenuhi syarat normalitas, bebas multikolinearitas, dan tidak mengandung heteroskedastisitas. Uji t menunjukkan bahwa perspektif mahasiswa (X1) dan brand image (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas layanan (Y), sedangkan uji F menunjukkan bahwa X1 dan X2 secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Y. Koefisien determinasi sebesar 0,890 menunjukkan bahwa 89% variasi kualitas layanan jasa dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Penelitian ini memberikan implikasi bagi bank syariah dalam merancang strategi pemasaran dan peningkatan layanan yang efektif.
Downloads
References
Aaker, D. A. 1991. Managing Brand Equity. The Free Press. New York.
Ani, Dea Ayu Febry. 2023. Persepsi Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Bank Syariah serta Keputusan menjadi Nasabah di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Desa Banarjoyo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Metro.
Ashilah, Wafiq Fitria., & Nawawi, Zuhrial M. 2024. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat dengan Pengetahuan Produk sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 7(1), p. 1-13.
Hamzah, Zulfadli., & Purwati, Astri Ayu. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting, 3(1), p. 98-105.
Indriani, Yuli. 2024. Preferensi Nasabah Menggunakan Produk Bank Muamalat: Brand Awareness, Brand Image, Product Knowledge Dan Religiositas Sebagai Moderator. Skripsi, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia.
Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. Prentice Hall. Upper Saddle River.
Magfira. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan dan Brand Image terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Indonesia Cabang Palu. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institus Agama Islam Negeri Palu.
Mansor, S. W., Ali, M. S., & Rahman, R. A. 2020. Factors Influencing the Intention to Use Islamic Banking: A Study Among Malaysian Students. Journal of Islamic Finance, 9(1), p. 1-12.
Maulida, Husnul., Nawawi, M. Kholil., & Hakim, Hilman. 2021. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan Bank Syariah terhadap Keputusan Mahasiswa Menabung pada Pengikut Autobase @Collegemenfess. El-Mal : Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(2), p. 187-202.
Mokhtar, A., Rahman, A., & Ali, M. 2019. The Influence of Islamic Banking on Customers' Loyalty: A Study on the Islamic Banking Sector in Malaysia. International Journal of Economics and Financial Issues, 9(1), p. 203-211.
Saogi. 2024. Pengaruh Brand Image dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia. Skripsi, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Suyanto, M., & Sari, R. 2022. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Terhadap Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(1), p. 45-60.
UNDP. 2019. Good Governance: A Key to Sustainable Development. United Nations Development Programme. New York.
Zainuddin, M., Mustaffa, N., & Syed, N. 2021. The Influence of Brand Image and Customer Perspective on the Quality of Islamic Banking Services: Evidence from Students in Indonesia. International Journal of Islamic Finance Research, 6(2), p. 150-165.